Badan Pengawas Blokir 249 Situs Investasi Ilegal Mirip Binomo

Gambar Gravatar
Minggu, 19 Sep 2021, 9: 13 am-Nasional

ZONATIMES.COM – Era digital kini makin memudahkan untuk orang-orang berinvestasi. Akan tetapi, jangan asal. Jangan sampai terjebak dalam situs investasi ilegal. Bukannya untung, yang ada malah buntung. 

Baru-baru ini, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali memblokir 249 domain situs web entitas di bidang perdagangan berjangka komoditi (PBK). Situs yang diblokir mirip Binomo Cs. Ratusan domain itu diblokir karena tidak memiliki perizinan dari Bappebti.

Pemblokiran dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Maraknya situs investasi ilegal, pemerintah meminta masyarakat lebih waspada sebelum investasi di bidang PBK.

Melansir Kumparan, banyaknya jumlah domain yang diblokir hanya terjadi satu bulan saja, pada Agustus 2021. Pemblokiran ini melengkapi kinerja Bappebti sebagai pengawas perdagangan berjangka komoditi, yang sejak Januari hingga Agustus 2021 mencatat telah memblokir sebanyak 954 domain.

Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana menegaskan pemblokiran di bulan Agustus 2021 ini terbanyak dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Banyak domain yang membuat penawaran, iklan, serta promosi mengenai PBK tanpa izin Bappebti.

“Pemblokiran di bulan Agustus 2021 ini menjadi yang terbanyak sepanjang 2021,” kata Wisnu melalui keterangan tertulis seperti yang dikutip kumparan, Sabtu (18/9).

Pengawasan dan pengamatan ini bertujuan untuk mencegah adanya kerugian masyarakat. Hal ini mengingat saat ini banyak modus baru yang muncul untuk menarik masyarakat agar tergiur mengikuti investasi di bidang PBK tanpa perlu memperhatikan pentingnya memiliki pengetahuan tentang mekanisme trading di PBK.

Domain situs web entitas tak berizin Bappebti yang terhimpun di bulan Agustus ini secara umum terdiri atas duplikasi situs web dari pialang berjangka yang memiliki perizinan dari Bappebti, situs web introducing broker dari pialang berjangka luar negeri, dan penawaran paket investasi forex berkedok penjualan robot trading.

“Selain dari kegiatan pengawasan dan pengamatan, informasi mengenai domain situs entitas tanpa perizinan di bidang PBK juga bersumber dari laporan masyarakat,” ungkapnya.