Hasil Rapat dengan Ormas Islam, Wapres Ma’ruf Amin: Semua Sepakat Sholat Idul Adha di Rumah

Gambar Gravatar
Senin, 19 Jul 2021, 12: 38 pm-Nasional

ZONATIMES.COM, Jakarta – Idul Adha 1442 H dilaksanakan 20 Juli 2021. Bersamaan dengan itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin menggelar rapat dengan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam mengenai Idul Adha Minggu (18/7/2021).

Rapat secara daring tersebut juga diikuti oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dengan pembahasan meliputi tata cara pelaksanaan salat Idul Adha hingga penyembelihan hewan kurban di masa PPKM pandemi Covid-19.

Sejumlah organisasi Islam tersebut, kata Ma’ruf, sepakat untuk menyelenggarakan dan mengikuti salat Idul adha di rumah masing-masing.

“Tadi baru saja saya dengan Menag ini bertemu dengan pimpinan MUI dan Ormas-ormas islam untuk membicarakan tentang pelaksanaan Idul Adha, penyembelihan kurban dan juga yang terakhir itu tentang takbir nasional secara virtual,” kata Wapres Ma’ruf dikutip dari Suara.com. 

Ma’ruf mengatakan situasi pandemi Covid-19 yang masih mengkhawatirkan menjadi pertimbangan pelaksanaan dan perayaan Idul Adha di rumah.

“Indonesia ini sudah mulai dianggap sebagai pusat penyebaran baru episentrum baru sekarang ini, dan memang kita sangat merasakan karena penyebaran oleh varian delta ini begitu cepatnya,” tuturnya.

Ma’ruf juga menyebut perayaan Idul Adha tahun ini tetap harus dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Karena itu, segala prosesnya harus dilaksanakan dari rumah dan proses pemotongan hewan kurban tak boleh menimbulkan kerumunan.

“Karena itu supaya dilakukan di rumah saja, takbir di rumah saja. begitu juga untuk penyembelihan kurban itu supaya dilakukan melalui rumah pemotongan hewan dan dibagikan, diantar dari rumah ke rumah,” ucapnya.

Dengan demikian, maka diharapkan momen Idul Adha bisa tetap dijalankan sesuai syariat Islam tanpa menimbulkan klaster penularan Covid-19 baru. Para perwakilan ormas yang hadir juga telah membuat nota kesepahaman dan ditandatangani.

“Ini kesepakatan itu yang malam ini dan juga yaitu menyelenggarakan takbir nasional secara virtual bersama Presiden bersama saya dan inisiatif Menteri Agama. Itu kesimpulannya,” pungkasnya.