Jangan Sampai Salah, Ini Daftar Jenis Vaksin yang Cocok untuk Booster

Gambar Gravatar
Selasa, 08 Feb 2022, 10: 25 am-Nasional

ZONATIMES.COM – Kementerian Kesehatan RI memberikan izin vaksin booster. Izin itu diberikan bagi yang telah divaksin primer Sinovac dan AstraZeneca.

Adapun pemberian vaksin booster dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota. Hal ini sudah bisa dilakukan bagi masyarakat umum tanpa menunggu target capaian 70% dan cakupan dosis 1 lansia minimal 60%. 

Vaksin booster yang cocok untuk Sinovac jadi informasi penting yang perlu diperhatikan. Layanan vaksinasi kini tersedia di berbagai tempat dan dapat diakses dengan mudah.

Vaksin Booster yang Cocok untuk Sinovac

Vaksin booster yang cocok untuk Sinovac ada dua jenis. Melansir Detik.com, Surat Edaran terbaru Kemenkes bernomor SR.02.06/II/408/2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster), saat ini vaksin primer Sinovac diberikan melalui mekanisme heterolog, yaitu pemberian booster dengan menggunakan jenis vaksin berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang didapat sebelumnya.

Adapun dua jenis vaksin yang diizinkan di triwulan pertama 2022, yakni Vaksin AstraZeneca: setengah dosis atau 0,25 ml dan Vaksin Pfizer: setengah dosis atau 0,15 ml. 

Selain Sinovac, penerima vaksin primer AstraZeneca juga berhak diberikan vaksin booster. Ada 3 jenis kombinasi booster yang bisa diberikan yaitu, Vaksin Moderna: setengah dosis atau 0,25 ml, Vaksin Pfizer: setengah dosis atau 0,15 ml, dan Vaksin AstraZeneca: dosis penuh atau 0,5 ml. 

Pemberian vaksin Booster diutamakan untuk orang yang telah divaksin AstraZeneca. Pada triwulan I 2022, pemberian vaksin booster akan diutamakan dengan vaksin AstraZeneca lantaran ketersediaan stok vaksin yang cukup banyak.

Sesuai dengan ketentuan, vaksin AstraZeneca dapat digunakan dengan interval 8-12 minggu. Namun untuk mempercepat pencapaian dosis primer, maka vaksin AstraZeneca dapat diberikan dengan interval 8 minggu.

Vaksin booster yang cocok untuk Sinovac yakni dengan AstraZeneca dan Pfizer. Untuk vaksin booster, pendaftaran juga dapat dilakukan melalui aplikasi JAKI. Simak informasinya di halaman selanjutnya.

Tata Cara Pendaftaran Vaksin Booster

Vaksin booster bisa dilakukan Via JAKI, berikut ini langkah-langkahnya. 

– Pastikan sudah memiliki aplikasi JAKI dan telah mendaftar akun

– Buka aplikasi JAKI

-Selanjutnya pilih ‘banner Vaksinasi Covid-19’

-Isilah NIK dan nama lengkap sesuai identitas di KTP. Kemudian klik ‘Periksa’

-Perhatikan syarat dan ketentuannya. Jika sudah pilih ‘Ya, Saya Mengerti’

-Akan muncul informasi apakah vaksinasi lanjutanmu sudah terjadwal atau belum

-Jika sudah ada jadwal vaksinasi booster lakukan ‘pendaftaran ulang’

-Isi kategori penerima vaksin

-Kemudian pilih ‘lokasi vaksinasi’ dan isi lengkap data diri (Nama, NIK, Jenis Kelamin, Tempat Tanggal Lahir hingga No. HP)

-Lakukan peninjauan formulir yang sudah diisi. Jika sudah sesuai, pilih ‘kirim formulir’

-Kini pendaftaran vaksin booster telah selesai. Jangan lupa untuk mengisi pre-screening terlebih dahulu dan mengunduh kartu kendali vaksin booster.

-Kini kamu sudah terdaftar untuk vaksinasi booster di lokasi yang kamu pilih. Silahkan datang ke lokasi vaksinasi dengan menunjukkan pre screening, KTP asli dan pulpen.