Kemensos Coret 21 Juta Data Ganda Penerima Bansos

Gambar Gravatar
Sabtu, 24 Apr 2021, 11: 19 am-Nasional

ZONATIMES.COM, Jakarta – Kementerian Sosial (Kemensos) memperbaharui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh data penerima memiliki identitas tunggal.

“Kemudian new DTKS ini karena tadi saya sampaikan bahwa kita melakukan pengontrolan data, sehingga kurang lebih 21.000.156 data kita tidurkan,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini, di Gedung Kemensos, Rabu (21/4/2021) dikutip dari CNN Indonesia.

Dalam temuan data ganda sebanyak 21 juta itu, Risma telah berkoordinasi dengan lembaga terkait seperti BPK, BPKP, KPK, Kejagung hingga Kepolisian dalam menghapus jutaan data ganda tersebut.

Risma menjelaskan, data ganda bisa berarti ada dua nama dalam menerima satu program bantuan, atau menerima bantuan sosial lebih dari satu program.

Untuk menghindari kejadian serupa terulang, Mensos Risma akan memperbaharui data penerima bansos setiap bulannya.

Cara Cek Penerima Bansos Terbaru

Apabila ingin mengecek data bansos, bisa dilakukan dengan mengunjungi laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Adapun data New DTKS tersebut dapat diakses oleh publik melalui aplikasi berbasis web di http://cekbansos.kemensos.go.id/.

Melalui laman tersebut, data penerima bansos bisa dicek setiap saat. Lewat laman tersebut pula, dapat diakses data penerima bantuan sosial yang telah disalurkan maupun yang masih dalam proses.