Vaksin Dosis Ketiga, Menkes: Jangan Dialihkan ke Non-Nakes!

Gambar Gravatar
Selasa, 03 Agu 2021, 12: 42 pm-Nasional

ZONATIMES.COM, Jakarta – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengusulkan agar tenaga kesehatan (nakes) disuntik vaksin dosis ketiga. Alasannya, banyak nakes terinfeksi virus corona meski sudah mendapatkan vaksin dua dosis kedua. 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan, vaksinasi dosis ketiga hanya berlaku untuk tenaga kesehatan. Tidak untuk masyarakat umum. Sebab kebutuhan vaksin belum merata untuk masyarakat Indonesia. 

Pemerintah mendapat bantuan vaksin untuk tenaga kesehatan. Melansir Detik.com, Budi mengatakan Indonesia saat ini telah menerima bantuan vaksin Moderna sebesar 4 juta dari Pemerintah Amerika Serikat (AS).

Bantuan vaksin Moderna asal Pemerinta AS itu telah didistribusikan ke seluruh provinsi. Menkes Budi meminta vaksin itu untuk diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksin ketiga.

Menkes Budi menegaskan agar penyuntikan ketiga atau booster itu segera dilakukan untuk para nakes. Dia juga menekankan penggunaan vaksin itu hanya untuk para nakes.

Menkes Budi meminta agar vaksin booster tersebut tak dialihkan untuk warga non-tenaga kesehatan. “Saya memohon dengan sangat, tolong jangan dialihkan ke non-nakes!” ucap Budi. “Kita harus prioritaskan nakes karena merekalah tentara kita yang bertempur sehari-hari,” imbuhnya memberikan penegasan.