CEO Ruangguru Belva Devara Mundur dari Staf Khusus Presiden Jokowi

ZONATIMES.COM, Jakarta – CEO Ruangguru Adamas Belva Devara mengundurkan diri dari posisi Staf Khusus Presiden Joko Widodo. Pengunduran dirinya itu dituliskan di akun Instagram pribadinya, Selasa (21/4/2020).

“Saya sampaikan informasi terkait pengunduran diri saya sebagai Staf Khusus Presiden. Pengunduran diri tersebut telah saya sampaikan dalam bentuk surat kepada Bapak Presiden tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada tanggal 17 April 2020,” tulis Belva.

Diketahui Belva mengundurkan diri Stafus berkaitan dengan terpilihnya Ruangguru yang didirikannya sebagai perusahaan mitra program Kartu Prakerja.

Dijelaskan Belva bahwa Kementerian Koordinator Perekonomian dan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja (PMO), proses verifikasi semua mitra Kartu Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan tidak ada keterlibatan yang memunculkan konflik kepentingan. Pemilihan pun dilakukan langsung oleh peserta pemegang Kartu Prakerja.⁣

“Namun, saya mengambil keputusan yang berat ini karena saya tidak ingin polemik mengenai asumsi/persepsi publik yang bervariasi tentang posisi saya sebagai Staf Khusus Presiden menjadi berkepanjangan, yang dapat mengakibatkan terpecahnya konsentrasi Bapak Presiden dan seluruh jajaran pemerintahan dalam menghadapi masalah pandemi COVID-19,” sambungnya.

Belva menyampaikan terimakasihnya kepada Presiden Joko Widodo yang telah memahami dan menerima pengunduran dirinya. Ia juga mengakui kinerja Jokowi dalam membagun bangsa .

“Saya merasakan betul bagaimana semangat Bapak Presiden Jokowi dalam membangun bangsa dengan efektif, efisien, dan transparan. Sehingga di manapun saya berada, di posisi apapun saya bekerja, saya berkomitmen mendukung Presiden dan Pemerintah untuk memajukan NKRI,” tutur dia.

Selain itu, Belva menyampaikan kesibukannya beberapa hari terakhir ini untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya sehingga tidak sempat merespon sejumlah pertanyaan-pertanyaan dari media.

“Terima kasih untuk teman-teman yang telah menghormati dan menghargai keputusan saya tersebut.⁣ Semoga kita semua bisa segera keluar dari masalah pandemi yang berat ini,” tutup Belva.