Ditemukan Batu Kecil Hijau di Antartika, Ini Peringatan Bagi Manusia

Gambar Gravatar
Sabtu, 01 Mei 2021, 7: 54 am-International

ZONATIMES.COM – Kelompok ilmuwan menemukan batu kecil berwarna kehijauan. Batu ini ditemukan dari lumpur di laut dalam, jauh dari lepas pantai Antartika Barat.

Dilansir dari BBC News, ,enurut ilmuwan yang menemukan, batu itu seharusnya tidak berada di sana.

Batu kecil yang berwarna hijau dimensi terpanjangnya hanya sekitar empat sentimeter. Namun, batu pasir kecil ini menyimpan petunjuk penting untuk masa depan umat manusia.

Batu ini disebut dropstone atau potongan puing-puing yang dilapisi es. Batu tersebut terkikis gletser dari Benua Antartika, lalu terbawa dalam es yang mengalir dalam jarak tertentu, kemudian terbuang ke lepas pantai akibat aktivitas gunung es.

Para peneliti yakin mengetahui dari mana batu ini berasal. Inilah yang luar biasa tentang batu bulat ini.

Dengan menggunakan teknik ‘sidik jari geologi’ terbaru, mereka sangat yakin batu ini berasal dari Pegunungan Ellsworth, sebuah pegunungan tertinggi di Benua Antartika.

Ellsworth berjarak sekitar 1.300 kilometer dari lokasi terakhir batu itu sebelum ditarik dari dasar Laut Amundsen dengan kapal bor.

Teka-teki yang dihadapi para peneliti adalah bahwa Ellsworths berada di bagian dalam terjauh Antartika.

Sangat tidak mungkin batu seperti ini dapat bertahan di bawah lapisan es untuk sampai ke pantai untuk kemudian hanyut dalam bentuk balok besar, beku, dan mengambang.

“Dalam pengamatan kami, batu ini tidak bisa bertahan saat terus-menerus bergerak ke berbagai titik dan mengalami siklus pengendapan serta pergeseran,” kata Christine Siddoway, profesor geologi di Colorado College, Amerika Serikat.

“Dan, lebih jauh, batu ini mungkin tidak akan bertahan menghadapi interaksi masif antara lapisan es dan batuan dasar. Batu ini akan hancur dan terpisah,” ucapnya.