Dunia Darurat Peredaran Vaksin Covid-19 Palsu

ZONATIMES.COM – Dunia tengah dilanda darurat peredaran vaksin Covid-19 palsu. Ini mulai terungkat setelah Otoritas kepolisian China menyita 3.000 dosis vaksin Covid-19 palsu.

Setelah menyita 3.000 vaksin palsu, kepolisian China melakukan penangkapan terhadap tersangka di beberapa kota.

Setelah ditelusuri, peredaran vaksin Covid-19 palsu tidak hanya di China. Kejadian serupa juga terjadi di beberapa negara.

Dilansir CNBC Indonesia dari laporan South China Morning Post, Minggu (23/5) interpol dan kelompok terkait penegakan hukum lainnya memperingatkan peningkatan risiko perdagangan dan pemalsuan vaksin.

Potensi peredaran vaksin Covid-19 palsu ini karena virus corona menginfeksi ribuan orang setiap hari dan sebagian besar negara memiliki dosis yang tidak mencukupi.

direktur eksekutif layanan kepolisian Interpol Stephen Kavanagh mengatakan, kondisi ini menciptakan tingkat keputusasaan di seluruh dunia. Ini berarti, penjahat akan menggunakan mentalitas parasit predator mereka untuk menghasilkan uang dari rasa takut tersebut.

Lebih lanjut, Stephen Kavanagh menjelaskan, jika keuntungannya ada dan program peluncuran vaksin Covid-19 tampaknya terhenti di negara-negara tertentu, ada sedikit keraguan bahwa penjahat saat ini mencoba untuk meningkatkan produksi vaksin palsu.

Peredaran Vaksin Palsu di Berbagai Negara

Rupanya fenomena sindikat kejahatan vaksin palsu tak hanya melanda China saja. Otoritas Meksiko pada Februari lalu juga menangkap enam orang karena menjual vaksin Pfizer palsu di sebuah klinik swasta.

Otoritas Afrika Selatan juga melakukan beberapa penangkapan awal tahun ini setelah menemukan lebih dari 2.000 dosis palsu di gudang yang terkait dengan operasi China.

Penipuan lain di Polandia melibatkan dosis Pfizer palsu yang diisi dengan perawatan anti-penuaan menurut sebuah laporan di The Wall Street Journal.

Kavanagh juga menunjuk contoh laboratorium skala kecil di Asia Tenggara yang memproduksi vaksin palsu, dan perpindahan botol kecil ke Amerika Selatan.

Namun dia mengatakan Interpol, yang berbagi data kejahatan dan koordinat antara 194 negara anggota, belum melihat adanya produksi industri dalam skala besar dari dosis palsu dalam puluhan atau ratusan ribu. “Hal terpenting yang harus dilakukan masyarakat adalah mengandalkan otoritas kesehatan untuk mengakses dosis,” kata Kavanaugh.

Sementara itu, Jeremy Douglas, perwakilan regional Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan untuk Asia Tenggara dan Pasifik, mengatakan sulit untuk mengetahui skala aktivitas semacam itu. Tetapi kantornya telah menasihati pemerintah tentang potensi kelompok tertentu untuk membuat dan menjual barang palsu, vaksin, dan pengalihan vaksin nyata dari rantai pasokan yang sah.

“Industri vaksin Covid-19 adalah industri bernilai miliaran dolar, mungkin salah satu industri yang paling berharga secara instan, dan semua orang di dunia ingin mendapatkan vaksin. Jadi bisa dibayangkan bahwa akan segera ada penjahat yang membidik ‘kapan kita bisa masuk ke dalam game ini,” katanya.

Modus Peredaran Vaksin Covid-19 Palsu

Jeremy Douglas menunjuk ke pasar web gelap, diakses melalui perangkat lunak khusus, di mana daftar dosis yang konon berasal dari pembuat vaksin yang disetujui seperti Pfizer, Sinovac dan Johnson & Johnson mudah diakses, menjual di mana saja mulai dari puluhan hingga ribuan dolar.

Kavanagh mengatakan dokumen vaksinasi palsu dan botol kosong dari dosis asli untuk digunakan dalam produk palsu juga dijual secara online, yang menjadi perhatian besar Interpol.

Organisasi tersebut bekerja dengan perusahaan farmasi untuk berbagi informasi tentang cara mereka melacak, memverifikasi, dan mengirimkan vaksin dengan polisi dan badan kesehatan sehingga mereka dapat mengenali botol palsu atau yang digunakan ulang.