Ketegangan Palestina-Israel Merembet ke TikTok

Gambar Gravatar
Minggu, 16 Mei 2021, 5: 38 pm-International

ZONATIMES.COM – Konflik antara Palestina-Israel kembali memanas. Ketegangan antara dua negara tersebut bahkan merembet ke aplikasi media sosial TikTok. Ketegangan itu terlihat dalam postingan-postingan video di Aplikasi TikTok.

Dikutip dari BBC, Sabtu (15/5/2021), beberapa akun pengguna TikTok memposting video ketegangan antara Israel dan Palestina. Satu video yang diduga menunjukkan orang-orang yang melarikan diri dari serangan Israel di Gaza dan dilihat 44 juta kali di TikTok.

Postingan lain oleh pengguna TikTok Sabrina Abukhdeir, yang dilihat lebih dari 1,5 juta orang, menunjukkan anak-anak Palestina yang menangis usai sebuah serangan di Gaza.

Kamis malam, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz meminta Facebook dan TikTok untuk menghapus postingan dari situs mereka yang menurutnya dapat mendorong kekerasan. “Ini adalah langkah-langkah yang secara langsung akan mencegah kekerasan yang sengaja digerakkan melalui media sosial oleh elemen ekstremis yang berusaha untuk merusak negara kita,” katanya.

Video protes juga mulai bermunculan di TikTok. Pengguna memposting video dengan tagar #SaveSheikhJarrah, yang merujuk pada ancaman penggusuran warga Palestina di wilayah Yerusalem Timur.