oleh

Viral di Medsos, Aksi Mahasiswa Hormat ala Nazi saat Acara Wisuda

Gambar Gravatar-International - 30 November 2019

ZONATIMES.COM – Media sosial dipenuhi dengan foto seorang lulusan yang memberi hormat ala Nazi pada acara wisuda di Universiti Malaysia Sabah (UMS) baru-baru ini.

Warga Malaysia sejak itu mengutuk tindakan mahasiswa lulusan itu dan berbagi screengrab dari twitter dan postingan Facebook-nya, yang keduanya telah dihapus dari feed akunnya.

Lulusan itu mengatakan salut itu sebagai protes atas apa yang ia yakini sebagai dominasi Yahudi atas dunia. Dia juga menyatakan dukungannya untuk Palestina di Gaza serta kebenciannya terhadap orang-orang Yahudi dan bertindak sejauh untuk mendukung tindakan kejam rezim Nazi dan holocaust, yang merenggut nyawa jutaan orang.

Baca Juga  33 Perusahaan China Kabur, Bank Dunia Prediksi Ekonomi Indonesia Merosot

Dia mengakhiri jabatannya dengan tagar #SaveGaza dan # Pray4Palestine.

Banyak orang online menyoroti kurangnya kematangan lulusan. Pengguna Facebook Jefry Musa mengatakan bahwa bersimpati dengan perjuangan Palestina bukanlah alasan untuk menjadi anti-Semit, rasis atau mengidolakan diktator rezim Nazi yang terkenal Adolf Hitler atau fasisme.

“Apakah lulusan ini tahu berapa banyak orang Yahudi yang menentang bangsa Israel dan mengutuk bagaimana orang-orang Palestina diperlakukan? Pernahkah Anda melihat ada di antara mereka yang mengejek diri mereka sendiri dengan penghormatan Nazi?,” tulisnya, dilansir di thestar.

Baca Juga  'Hamil Minta Tanggung jawab' Wanita Ini Justru Dipukuli 3 Pria

Pengguna Facebook lainnya, Amzarul Dzemaludin Al-Khuderi, mengatakan lulusan tersebut harus dibawa ke peringatan Holocaust di Berlin dan museum Auschwitz di Polandia.

“Biarkan dia melihat foto-foto dalam Topografi Teror di Berlin, jadi dia tahu betapa kejamnya era itu di mata orang Jerman sendiri,” katanya.

Seorang pemegang akun Twitter, Mikhail Hafiz, mengatakan ada banyak cara untuk menunjukkan solidaritas dengan Palestina daripada membangkitkan kembali penghormatan Nazi.

“Orang ini jelas tidak tahu apa-apa tentang Holocaust dan dampaknya di seluruh dunia. Malu padanya,” tulisnya.

Baca Juga  Jerman Kecam Mahasiswa karena Hormat ala Nazi saat Acara Wisuda di Malaysia

Upaya telah dilakukan untuk menghubungi UMS untuk mengomentari masalah ini.

Komentar

Baca Juga