Kebakaran di Makassar Hanguskan 30 Unit Rumah, 41 KK Terdampak

ZONATIMES.COM, Makassar – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengunjungi sekaligus membawa bantuan ke lokasi kebakaran di Jalan Tinumbu, Lorong 149, Kelurahan Layang, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Minggu (9/5/2021).

Diketahui, kebakaran yang terjadi pada Minggu dini hari sekitar pukul 00.05 Wita ini terjadi di pemukiman padat penduduk.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan duka kepada warga yang rumahnya terbakar. Apalagi, musibah ini terjadi beberapa hari jelang hari raya Idul Fitri 1442 H.

Ia pun berjalan menyusuri lokasi yang tampak tersisa puing-puing kebakaran itu. Sembari berbincang-bincang dengan masyarakat sekitar. Serta memberikan semangat untuk tetap tabah atas musibah yang menimpanya.

“Kami menyampaikan duka mendalam atas kejadian kebakaran yang menghanguskan beberapa rumah warga. Sabarki Bapak Ibu, Insya Allah ada hikmahnya,” ujar Andi Sudirman kepada warga.

Kebakaran di Makassar
Foto udara kebakaran yang menimpa 30 unit rumah di Kecamatan Bontoala, Kota Makassar, Sulsel, Minggu (9/5/2021). Foto: Humas Pemprov Sulsel.

Andi Sudirman pun menyarankan pentingnya  menghadirkan APAR portable (Alat Pemadam Api Ringan) di setiap lorong ataupun di kelurahan, khususnya di kawasan padat penduduk.

“Harusnya ada APAR kecil dan besar. Apalagi di lokasi padat penduduk. Dan perlu ada masyarakat yang dilatih untuk menggunakannya,” ungkapnya.

“Semoga ini kedepan dapat menjadi perhatian bukan hanya di Kota Makassar juga di kabupaten/kota lainnya,” harapnya.

Meski APAR kecil, namun kata dia, bisa digunakan untuk alat pertolongan pertama untuk memadamkan api.

Andi Sudirman pun menyerahkan bantuan Pemprov Sulsel melalui Dinas Sosial dan BPBD berupa makanan siap saji, serta bantuan logistik lainnya.

Dalam kesempatan itu, Camat Bontoala, Syamsul Bahri, melaporkan kepada Plt Gubernur Sulsel, bahwa sebanyak 30 rumah dengan 41 KK yang menjadi korban kebakaran itu. Diduga kebakaran dipicu akibat korsleting listrik.

“Terima kasih banyak Bapak Plt Gubernur atas bantuan dan perhatiannya kepada warga kami, dan datang pagi-pagi ke sini,” ucapnya.