oleh

Lailatul Ijitima’ PCNU Makassar, Prof Hamdan Juhannis: Menjaga Tradisi NU Bagian dari Pancacita

Gambar Gravatar-News, Regional - 22 Agustus 2019

Zonatimes.com, Makassar- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Makassar Masa Khidmat 2019-2024 awali kepengurusan dengan lailatul ijtima’. Kegiatan ini digelar di Masjid H. M. Azis Jalan A. Peterani No 100 Makassar Kamis 22 Agustus 2019.

Lailatul ijtima’ adalah program bulanan yang rutin dilaksanakan oleh Nahdlatul Ulama khususnya PCNU Kota Makassar, umumnya digelar pada malam jum’at yang secara bergiliran di tiap-tiap kecamatan.

Dalam lailatul ijtima ini PCNU Makassar juga memberikan santunan kepada anak pra sejahtera yang berdomisili sekitar masjid.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Mustasyar, Syuriyah, A’wan dan Tanfidziyah NU Makassar, MWC dan Ranting, Banom NU dan ratusan warga nahdliyyin.

Rangkaian kegiatan ini juga diawali dengan shalat mahgrib berjama’ah, dilanjutkan dengan doa dan dzikir dengan membaca fadhilllah surat yasin dan memperbanyak shalawat dengan bacaan barazanji sampai masuk waktu shalat Isya. Setelah itu penyampaian taushiyah atau nasehat keagamaan.

“Ini bagian dari Tradisi Nahdatul Ulama (NU), memperkuat tali silaturahim dan kultur nahdliyyin, sebagai pondasi struktur organisasi kita Nahdatul Ulama,” kata Rais Syuriyah PCNU Makassar AGH Baharuddin HS dalam sambutan pengarahannya.

Sementara Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis mengatakan, tradisi Nahdlatul Ulama menjadi program pancacita 100 kerja kedepannya.

“Tantangan dakwah kaum nahdliyyin, dengan mengacu kepada program kerja rektor setelah dilantik yaitu pancacita, termasuk salah satunya menjaga tradisi NU,” ujar Prof Hamdan Juhannis saat menyampaikan hikmah tauziah Lailatul Ijtima.

Sekretaris Tanfidziyah PCNU Usman Sofian, juga menyampaikan akan digelar Rapat Kepanitiaan Pelantikan dan Musyawarah Kerja PCNU Kota Makassar.

“Kegiatan Rapat Panitia Pelaksana Pelantikan dan Musyawarah Kerja PCNU kota Makassar akan dilaksanakan tanggal 13 Oktober 2019 yang akan datang,” kata Usman Sofian dalam pers rilisnya.

Baca Juga