Cegah Stunami Covid-19, Satgas Pantau Pusat Perbelanjaan di 29 Provinsi

Gambar Gravatar
Senin, 03 Mei 2021, 11: 29 am-Nasional

ZONATIMES.COM, Jakarta – Jelang Hari Raya Idulfitri 1442 H, mobilitas masyarakat di pusat perbelanjaan meningkat. Salah satu pusat perbelanjaan yang paling ramai yakni di Tanah Abang.

Tak hanya di Tanah Abang, nyatanya, kenaikan mobilitas masyarakat di pusat perbelanjaan terjadi di 29 provinsi. Hal ini sebagaimana laporan Ketua Bidang Data dan Teknologi Infornasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan.

Kenaikan mobilitas warga di pusat-pusat perbelanjaan terpantau terjadi selama 20-27 April 2021. Dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (2/5/2021), Dewi mengatakan, kenaikan mobilitas ke pusat perbelanjaan terjadi dalam tujuh hari terakhir.

“Jadi dalam rentang waktu 20 hingga 27 April semua orang sudah ke luar rumah dan banyak yang ke pusat perbelanjaan,” ucapnya.

Dewi menekankan, jumlah tersebut melebihi 80 persen provinsi yang ada di Indonesia.

Kemudian, persentase kenaikan mobilitas ke pusat perbelanjaan secara total tercatat sebesar 14,82 persen. “Dengan rentang kenaikan paling kecil adalah 2 persen, tetapi ada pula kenaikan paling tinggi 50,57 persen,” ucap Dewi.

Merujuk kepada data-data di atas, Satgas Covid-19 memperkirakan dalam 10 hari ke depan mobilitas ke pusat perbelanjaan akan semakin meningkat.

Sehingga, kata Dewi, penegakan disiplin di lapangan akan sangat diperlukan. “Kalau kita lubat dari hasil monitoring di lapangan ketika pasar memang beroperasi, tetapi kepatuhan 3M, terutama memakai masker harus ditingkatkan kembali,” tutur Dewi.

“Sebab banyaknya orang yang datang menyebabkan kerumunan sehingga jika tidak memakai masker,akan berpotensi menularkan Covid-19,” kata dia.