oleh

Kapolri Ungkap Motif Pelaku Kerusuhan di Papua, Benny Wenda Dikejar

Gambar Gravatar-Nasional - 7 September 2019

ZONATIMES.COM, Papua – Kerusuhan yang ada di Jayapura Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkap aktor dibalik dari aksi yang ada dibeberapa titik yang dilakukan oleh warga Papua.

Aktor yang di maksud dari semua itu adalah United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Komite Nasional Papua Barat (KNPB), dan Aliansi Mahasiswa Papua (AMP).

Kata Tito, ia akan bertindak tegas mengejar ULMWP dan KNPB untuk bertanggungjawab atas insiden ini.

“ULMWP dan KNPB bertanggungjawab atas insiden ini, saya akan kejar mereka dan segera menegakkan hukum kepada kelompok yang dimaksud. Kami sudah kantongi nama-nama mereka. Hal ini akan terus terjadi jika tidak dilakukan langkah tegas,”Tegas Tito lewat video konferensi pers RS Bhayangkara Kamis, (05/09/2019).

Tak hanya itu Tito juga menyebutkan motif target kelompok perusuhan yang terjadi di Papua, bahwa Benny Wenda dan kelompoknya bermain di dalamnya untuk mengejar konflik dalam rangka melempar isu saat digelarnya rapat komisi HAM di Jenewa nantinya.

Karena menurutnya, Polri dalam pengamatannya kelompok ULMWP dan KNPB juga aktif memproduksi dan menyebar hoax.

“Polri memantau jaringan cyber dari kelompok ini,” terangnya.

“Rusuh di Kota Jayapura didesaian oleh kelompok AMP. Sementara ULMWP dan KNPB telah mengorbankan masyarakat banyak atas aksinya,” tambahnya.

Komentar

Baca Juga