oleh

Mulai Sekarang, WHO dan Jubir Covid-19 Serukan Semua Orang Pakai Masker

Senin, 06 Apr 2020, 2: 49 am
Ilustrasi orang pakai masker (Foto: Tirto)

ZONATIMES.COM, Jakarta – Mulai sekarang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serukan semua orang memakai masker demi mencegah penyebaran virus Corona atau Corvid-19.

Yang sebelumnya WHO hanya merekomendasikan kepada orang yang sakit atau yang bergejala dan berisiko terpapar virus Corona.

Namun kini pandangan WHO berubah tatkala penelitian terbaru menunjukkan, efek positif memakai masker dalam mencegah penyebaran virus Corona.

“Kita tentu melihat keadaan penggunaan masker, baik buatan sendiri maupun masker kain, di tingkat masyarakat dapat membantu cegah penyebaran virus Corona,” jelas Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO, Michael Ryan, seperti dikutip liputan6 dari South China Morning Post, Minggu (5/4/2020).

Baca Juga  Jokowi Tetapkan Pimpinan KPK, APKAN RI Angkat Bicara

Rekomendasi WHO untuk penggunaan masker ke semua orang, disampaikan pula oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.

“Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO, kita jalankan #MaskerUntukSemua. Semua harus memakai masker ketika berkegiatan di luar,” kata Yuri dalam jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Minggu (5/4).

Dalam hal ini juga masyarakat disarankan lebih bijak dan menggunakan masker kain yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali, sebab masker bedah dan N-95 yang sekali pakai dan ditujukan untuk petugas medis.

Baca Juga  Pemerintah Gratiskan Tagihan Listrik Selama 3 Bulan

“Gunakan masker kain karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit, ketika kita di luar rumah,” papar Yuri.

Ia menegaskan kalau masker dari kain dapat dicuci menggunakan air sabun agar tetap bersih dan efektif untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Untuk penggunaan tidak lebih dari empat jam.

Baca Juga