Pemerintah Setop Diskon Listrik Mulai Bulan Depan

Gambar Gravatar
Senin, 07 Jun 2021, 10: 44 am-Nasional

ZONATIMES.COM, Jakarta – Diskon listrik menjadi salah satu bantuan pemerintah bagi masyarakat menengah ke bawah kala pandemi Covid-19 melanda Tanah Air. Diskon listrik sudah diberikan sejak April 2020. Tujuannya untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi.

Akan tetapi, bantuan diskon tarif listrik untuk golongan 450 VA dan 900 VA bersubsidi tidak lagi diperpanjang pemerintah. Yang mana, diskon listrik tidak ada lagi mulai Juli 2021.

Berakhirnya bantuan diskon listrik disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana. Dia mengatakan, bantuan ini berakhir usai kuartal II atau terakhir diperpanjang sampai Juni 2021.

“Telah diputuskan tahun ini bertahap triwulan I diberikan sesuai yang diberikan tahun 2020. Kemudian triwulan II diberikan hanya 50 persen, dan triwulan berikutnya menjadi tidak sama sekali,” katanya dalam konferensi pers dikutip Detik.com, Jumat (4/6/2021).

Keputusan ini, kata Rida Mulyana merupakan keputusan secara nasional. Maka dari itu, pelanggan yang sejak April 2020 mendapat diskon listrik tak lagi menerima bantuan tersebut. “Jadi tidak lagi dibantu negara,” katanya.