Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia Dilakukan Secara Online

Gambar Gravatar
Rabu, 24 Feb 2021, 8: 09 am-Nasional

ZONATIMES.COM, – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprioritaskan lansia dalam vaksinasi Covid-19 lanjutan tahap pertama. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir secara online.

Adapun kelompok yang masuk kategori lansia adalah mereka yang berusia di atas 60 tahun.

4 Langkah Vaksinasi Covid-19 Lansia

Vaksinasi Covid-19 bagi lansia dapat dilakukan dengan mendaftar secara online. Berikut 4 langkah-langkah pendaftaran vaksinasi covid-19 bagi lansia.

Pertama, mendaftar secara online. Peserta dapat mengunjungi situs resmi Kemenkes www.kemkes.go.id, sehatnegeriku.kemenkes.go.id, atau situs resmi KPCPEN covid19.go.id.

Dalam link tersebut, terdapat daftar tautan yang dapat dipilih sesuai lokasi tinggal.

Kemudian Anda diminta untuk menjawab pertanyaan dalam pengisian data. Peserta juga dapat meminta bantuan anggota keluarga atau pengurus RT/RW setempat bila merasa kesulitan.

Kedua, seluruh data peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Langkah ketiga, DInas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota menentukan jadwal serta lokasi vaksinasi. Dan yang keempat, peserta melakukan vaksinasi.

Target Vaksinasi Covid-19 Kalangan Lansia

Pemerintah menargetkan vaksinasi untuk lansia sebanyak 21,5 juta.

Untuk tahap awal, pemerintah menyediakan tujuh juta dosis vaksin Covid-19 yang diperuntukkan bagi lansia di 34 provinsi.

Vaksinasi untuk target kelompok lansia akan dimulai di DKI Jakarta dan ibu kota provinsi di 33 provinsi di Indonesia.

Akan tetapi, dalam fase awal vaksinasi lansia diprioritaskan dahulu untuk wilayah Jawa dan Bali. Keduanya merupakan wilayah terbanyak yang mencatatkan kasus Covid-19. Jumlahnya mencapai lebih dari 65 persen kasus Covid-19 dari kasus nasional.

Kemenkes juga sudah mengimbau Dinas Kesehatan di daerah agar mulai melakukan pendataan lansia yang akan menjadi peserta vaksinasi.