oleh

Presiden Jokowi Cerita Pernah Kesulitan Pinjam Uang ke Bank

Sabtu, 07 Des 2019, 3: 14 am
Presiden RI Joko Widodo (Foto:Netizenku)

ZONATIMES.COM, Banten – Siapa sangka, orang nomor satu di Indonesia, Presiden Jokowi yang dulunya sebelum terjun ke dunia politik, pernah jadi pengusaha. Tak banyak yang tahu, Jokowi pernah mencoba pinjaman modal ke bank karena tak punya angunan.

Dilansir dari Liputan6, Sabtu, 7 Desember 2019. Jokowi bercerita kepada ibu-ibu Mekaar binaan Permodalan Nasional Madani (PNM), berawal ketika merintis usaha tidak memiliki aset apapun untuk diagunankan, dan agunan yang harus diberikan lebih dari modal yang akan dipinjam.

Baca Juga  Tolak Pemindahan Ibukota Negara, PB HMI : Presiden Jokowi Seharusnya Prioritaskan Janji Politik

“Saya ingat dulu waktu saya muda saya punya usaha kecil-kecilan, saya mau pinjam Rp 10 juta saja, agunannya harus lebih dari itu. Padahal saya tidak punya agunan,” ujar Jokowi di Alun-alun Cilegon Provinsi Banten, Jumat, 6 Desember 2019.

Ia juga mengingatkan ibu-ibu Mekaar lebih bersyukur karena mendapat pinjaman modal usaha dari PNM dan kepada nasabah agar berhati-hati dalam mengelola bantuan dari pemerintah, ia meminta untuk menjaga kepercayaan.

“Ibu-ibu adalah orang-orang yang dipercaya. Hati-hati karena mendapatkan bantuan pinjaman tanpa agunan,” kata Jokowi.

Baca Juga  Jokowi Tegaskan Berdamai dengan Covid-19 Bukan Menyerah

“Jangan sampai kepercayaan pemerintah hilang karena uang pinjaman dimanfaatkan untuk hal konsumtif,” lanjutnya.

Selain itu ia juga menegaskan mengenai pentingnya mengelola bantuan modal usaha. Karena hal ini dapat membuat pembayaran pinjaman modal usaha menjadi tepat waktu.

Komentar

Baca Juga