Vaksinasi Gotong Royong Dimulai, Segini Biaya dan Jenis Vaksin yang Digunakan

ZONATIMES.COM – Jadwal vaksinasi Covid-19 yang dilakukan secara gotong royong dimulai hari ini, Senin (17/5/2021). Ini sebagaimana yang telah dijadwalkan oleh pemerintah.

Vaksinasi gotong royong ini diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021.

Permenkes tersebut menjelaskan, bahwa vaksinasi gotong royong merupakan pelaksanaan vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga, dan individu lain dalam keluarga yang pendanaannya dibebankan pada badan hukum atau badan usaha.

Melansir Kompas, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan, saat ini ada dua jenis vaksin yang akan digunakan pada vaksinasi gotong royong.

Adapun jenis vaksin gotong royong akan dimulai dengan vaksin Sinopharm dan vaksin CanSino.

Honesti menyebutkan, prosedur penyuntikan vaksin gotong royong juga dilakukan sebanyak dua kali dengan jeda waktu tertentu.

Penerima vaksin gotong royong juga bakal mendapatkan jenis vaksin yang sama pada penyuntikan pertama dan kedua. “Untuk vaksin dengan dua dosis per orang, vaksin kesatu dan kedua harus sama,” ujar Honesti.

Jenis Vaksin Gotong Royong

Vaksin Sinopharm merupakan vaksin berjenis inactivated vaccine yang disebut SARS-CoV-2 Vaccine (Vero Cell). Vaksin ini menggunakan partikel virus yang dimatikan untuk mengekspos sistem kekebalan terhadap virus, tanpa mengambil risiko respons penyakit serius.

Terkait keamanannya, vaksin Sinopharm sudah dinyatakan aman untuk digunakan. Adapun pernyataan itu diumumkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM juga sudah menerbitkan izin penggunaan darurat pada vaksin Sinopharm pada 29 April 2021.

Selain itu, vaksin Sinopharm telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Untuk pengadaan vaksin, pemerintah telah melakukan kontrak pengadaan vaksin Sinopharm sebanyak 7,5 juta dosis, dengan jumlah vaksin yang tersedia sebanyak 500.000 dosis.

Vaksin CanSino Biologics, China, juga turut mencukupi kebutuhan vaksinasi gotong royong. Pemerintah menyiapkan sebanyak 5 juta dosis vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan tersebut.

Adapun vaksin virus corona buatan CanSino Biologics Inc menjadi yang pertama kali diberikan hak paten oleh Pemerintah China. Vaksin ini juga sudah diberikan hak paten pada 11 Agustus 2020.

Namun, CanSino hanya disuntikkan sebanyak satu dosis pada penerima vaksinasi.

Biaya Vaksin Gotong Royong

Program vaksinasi gorong royong menelan biaya sekitar Rp 879.140 per orang.

Jumlah itu berdasarkan perhitungan dua kali suntik di mana harga pembelian vaksin sebesar Rp 321.660 per dosis dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis.