oleh

Presiden ke 3 Indonesia BJ Habibie Tutup Usia di Umur 83 Tahun, Begini Riwayat Penyakitnya

Gambar Gravatar-News - 11 September 2019

Zonatimes.com, Jakarta – Salah satu putra terbaik Indonesia kelahiran Parepare Sulawesi Selatan, BJ Habibie dikabarkan tutup usia di umur 83 tahun. Ia mengembuskan napas terakhirnya pukul 18.05 sore di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Rabu (11/09/2019).

Sebelum dikabarkan meninggal BJ Habibie sempat dapat perawatan intensif rumah sakit sejak 1 September 2019.

Kabar meninggalnya presiden ke 3 Indonesia disampaikan oleh cucu BJ Habibie lewat postingannya di media sosialnya.

Eyang … SAMPAI JUMPA DI KEABADIAN … Senangnya dah bisa ngelepas kangen sala eyang puteri, bisa berdua dua an lagi… Kita disini ikhlas asal eyang bahagia SELAMAT JALAN. Terimakasih sudah membuat Indonesia jauh lebih baik, terimakasih sudah mengajarkan saya jadi PEJUANG , kalo bahasa eyang “PEMBERONTAK” Love you,” tulis Melanie Subono di akun Instagram pribadinya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Habibie pernah beberapa kali dirawat di rumah sakit. Dari mulai karena persoalan jantung hingga kelelahan.

Pada 2014, Habibie dirawat di rumah sakit RSPAD Gatot Soebroto. Sebelum dipindahkan, ia sempat dirawat di Rumah Sakit Borromeus, di Kota Bandung.

Diduga, Habibie kelelahan. Sehari sebelum dirawat, Habibie menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan Kalla di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Pada 2016, Habibie kembali dirawat di RSPAD. Saat itu, Habibie didiagnosa mengalami infeksi bakteri. Akibatnya, suhu tubuh Habibie sempat mengalami demam selama beberapa hari.

Dua tahun setelahnya, yakni pada 2018, Habibie kembali menjalani perawatan karena kondisinya menurun.

Di tahun yang sama, ia juga sempat dirawat di Jerman karena mengalami kebocoran klep jantung. Akibat kebocoran itu, terjadi penumpukan air pada paru-paru hingga 1,5 liter. Hal ini membuatnya sulit bernafas.

Tekanan darah Habibie, saat itu, juga meningkat sampai 180 ke atas.

Berapa hari yang lalu BJ Habibie sempat dikabarkan meninggal dunia saat menjalani pengobatan di RSPAD, tapi itu tidak benar, dan hari ini motivator bangsa Indonesia betul-betul meninggal dunia.(*)

Komentar

Baca Juga