107 WNA Peserta Ijtima Dunia di Gowa Dipulangkan, 305 Masih Bertahan

ZONATIMES.COM, Makassar – Sebanyak 107 orang Warga Negara Asing (WNA) peserta Ijtima Ulama Dunia dilaporkan telah kembali ke negaranya dan sebanyak 350 lainnya masih bertahan di Hotel Grand Sayang Makassar sambil menunggu jadwal untuk dipulangkan ke masing-masing negaranya.

“Sampai hari ini sudah tercatat 107 yang kembali ke negaranya, selebihnya 350 yang masih menunggu jadwal kepulangan. Insya Allah ini bertahap, malam ini dan juga besok sudah ada beberapa lagi yang akan pulang,” kata Pj Walkot Makassar, Iqbal Suhaeb, Sabtu (21/3/2020).

Iqbal Suhaeb tetap melakukan pemantauan dan pengecekan terhadap para WNA asing untuk melihat secara langsung kondisi kesehatan dan juga pola pengamanan di hotel tempat pengisolasian mereka.

“Kami mengecek kondisinya, termasuk kesehatan, ketersediaan makanan, air minum, dan juga pola pengamanan oleh teman-teman dari kepolisian dan TNI. Alhamdulillah kondisinya relatif baik, termasuk juga pengamanan yang ketat dari aparat. Sejauh ini mereka juga cukup kooperatif. Tadi ada yang sakit diare namun sudah ditangani oleh tim kesehatan yang bertugas disini” ujar Iqbal saat di konfirmasi oleh sejumlah wartawan di halaman Hotel Grand Sayang Makassar.

“Kami pastikan tempat ini di isolasi total, tidak ada yang bisa keluar dan berbaur dengan masyarakat. Apalagi kita lihat, hotel ini dikelilingi sungai. Kecuali mereka ingin ke bandara atau pelabuhan untuk pulang, baru kita beri izin keluar,” tegas Iqbal.

Sementara itu, Mayor Dewa Putu, Perwira Seksi Operasi Kodim 1408 BS yang bertugas mengamankan lokasi tersebut mengatakan adanya WNA asing asal Malaysia yang hari ini meninggalkan hotel untuk menuju kota Pare-Pare. “Mereka melapor akan kembali ke negaranya dengan menggunakan kapal laut,” ujar Dewa Putu.