GeNose C19 Uji Coba Screening Covid-19 di Stasiun Kereta Api Yogyakarta

ZONATIMES.COM, YOGYAKARTA – Alat screening Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) GeNose C19 mulai diujicobakan di Stasiun Tugu, Yogyakarta. GeNose C19 digunakan untuk pemerikasaan kesehatan bagi penumpang kereta api, Rabu (3/2/2021) lalu.

Sementara itu, peluncuran secara resmi GeNose C19 sebagai salah satu alternatif pemeriksaan Covid-19 mulai hari ini.

Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM, Dr. Hargo Utomo, M.B.A. seperti dikutip dari laman resmi UGM berharap implementasi GeNose C19 berjalan lancar.

GeNose merupakan produk inovasi berbasis riset. Cara kerjanya berupa hidung elektronik pendeteksi Volatile Organic Compound dalam napas manusia. Tim peneliti UGM yang dipimpin Prof Kuwat Triyana yang menemukan alat pendeteksi Covid-19 tersebut.

GeNose C19 mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan pada Desember 2020.

Penggunaannya sebagai uji coba bagi penumpang kereta api di Yogyakarta sudah disetujui Satgas Covid-19 dalam Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi Covid-19.

Antusias Warga Coba GeNose C19

Uji coba hari pertama GeNose C19 digunakan sejumlah panumpang Stasiun Tugu, Yogyakarta.

Vio merupakan salah seorang calon penumpang memilih GeNose C19 untuk pemeriksaan Covid-19. Alasannya karena biaya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan tes rapid antigen dan PCR.

“Saya biasanya menggunakan rapid, dan itu harganya lumayan untuk kalangan mahasiswa seperti saya, sedangkan GeNose dengan biaya 20 ribu terbilang sangat terjangkau. Kebetulan hari ini launching dan saya ingin mencobanya untuk pertama kali,” ucapnya.

Sebelumnya ia telah cukup banyak menerima informasi terkait GeNose dari media sosial, meski ia baru mengetahui bahwa GeNose sudah mulai diterapkan di Stasiun Tugu.

“Tadi kebetulan diberi tahu bahwa GeNose mulai digunakan hari ini jadi saya langsung tertarik untuk mencoba. Beberapa waktu lalu memang sempat ramai di Twitter mengenai GeNose. Saat mau mendaftar tadi baru tahu kalau di sini sudah bisa menggunakan GeNose, jadi saya memilih ini,” jelas Vio.