Gubernur Takjub Melihat Kampung Rewako Gowa, Bisa Meningkatkan Imunitas

ZONATIMES.COM, Gowa – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah takjub melihat kampung Rewako Gowa yang ada di Desa Julubori, Kecamatan Pallangga, Selasa (16/6/2020).

Dalam sambutan peresmian kampung Rewako Gowa itu juga, Nurdin Abdullah berharap kampung Rewako bisa hadir di desa-desa lain.

“Jujur kita takjub melihat Kampung Rewako ini karena pemilihan lokasi yang sangat bagus, inovasi para kepala desa dan camat atas arahan pak bupati ini saya kira harus direplikasi dan dikembangkan ke seluruh desa,” kata Nurdin Abdullah.

Bupati Bantaeng dua periode ini menilai bahwa kehadiran Kampung Rewako ini khusus ditengah pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan. Menurutnya Kampung Rewako dengan konsep ini bisa meningkatkan imunitas.

“Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas, kita cari tempat-tempat seperti ini bisa makan makanan yang segar apalagi ini semua kearifan lokal yang harus diapresiasi,” jelasnya.

Gubernur Nurdin Abdullah berharap kehadiran tempat ini harus dimanfaatkan dengan baik olah masyarakat dan berharap Pemerintah Kabupaten Gowa untuk terus berinovasi.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan Kampung Rewako ini untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan diantara kita semua di tengah pandemi Covid-19 ini. Pandemi ini kata Adnan tidak boleh menghentikan untuk terus berbuat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gowa.

“Jika pandemi ini terus berlangsung maka pandemi ini juga akan berdampak pada sosial kemasyarakatan. Kampung Rewako ini juga menjadi sumber katahanan pangan kita yang ada di wilayah Kabupaten Gowa, Kecamatan Pallangga khususnya di desa Julubori,” ujar Adnan.

Lanjut Adnan kehadiran Kampung Rewako ini juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti mengenakan masker, jaga jarak, tidak berkontak dan rajin cuci tangan.

Selain itu Kampung Rewako ini juga menjadi tempat berkumpulnya tokoh masyarakat untuk menjaga Kamtibmas dan situasi yang kondusif dan aman di wilayah masing-masing.

Orang nomor satu di Gowa ini menambahkan Kampung Rewako ini akan dibentuk di 167 desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Gowa. Dirinya juga berharap Kampung Rewako ini menjadi contoh di Sulawesi Selatan.

“Dalam waktu dekat ini ini Insya Allah ada 30 Kampung Rewako akan menyusul untuk kita resmikan dan 3 sampai 4 bulan kedepan Kampung Rewako akan berdiri di seluruh wilayah Kabupaten Gowa,” tambahnya.

Sekedar diketahui hadir dalam peresmian ini Kasdam XIV Hasanuddin Brigadir Jenderal TNI Andi Muhammad, Wakapolda Sulsel Brigjen Halim Pagarra dan jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa.