Kini Ada 7 Pasien Positif Covid-19 di Bulukumba, Bertambah 1

ZONATIMES.COM, Bulukumba – Jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Bulukumba bertambah 1 orang, sehingga total Positif di Bulukumba menjadi 7 (tujuh) orang.

Tambahan pasien 007 asal Kecamatan Kindang tersebut merupakan kasus pertama transmisi lokal. Pasien 007 diduga kuat terpapar virus karena bertetangga dengan pasien 004. Rumah 007 kerap dikunjungi pasien 004.

Perempuan yang menjadi pasien 007 dinyatakan positif setelah keluar hasil pemeriksaan Swabnya dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, Sabtu, 9 Mei 2020.

Pasien 007 yang sebelumnya merupakan OTG ini sudah menampakkan gejala sakit, sehingga direkomendasikan untuk dirawat. Saat ini pasien 007 sudah dievakuasi dan dirujuk ke Hotel Almadera Makassar oleh tim medis Gugus Covid-19 Bulukumba.

“Kini kasus positif Bulukumba totalnya berjumlah tujuh orang, namun dua diantaranya sudah sembuh,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Bulukumba HM Daud Kahal.

Pihak Gugus Tugas, kata Daud  mengingatkan masyarakat agar semakin waspada karena sudah terjadi kasus transmisi lokal di Bulukumba. Artinya penularan virus itu secara lokal benar-benar sudah terjadi.

“Kita himbau warga agar jangan keluar rumah jika bukan hal mendesak. Tetap tinggal di rumah adalah solusi untuk memutus penularan virus. Jika pun terpaksa keluar rumah harus jaga jarak dan memakai masker,” tutur HM Daud Kahal.

Dengan bertambahnya kasus positif di Bulukumba, Daud juga mengharapkan adanya kepedulian dari warga lainnya kepada pasien positif dan keluarganya. Pasien positif dan keluarganya tidak boleh dikucilkan, apalagi diberikan stigma negatif.

“Justru pasien positif ini harus kita bantu dan dukung bersama agar mereka bisa sembuh secepatnya,” bebernya.(*)