Pedagang Kambing Kurban di Sinjai Ngeluh Sepih Pembeli

ZONATIMES.COM, Sinjai – Menjelang Idul Adha, pedagang hewan kurban di Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan (Sulsel) mengaku penjualannya turun dibanding tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19.

Salah seorang penjual ternak kambing di jalan Sam Ratulangi Sinjai, Ilham saat ditemui, Sabtu (25/7/20) mengatakan, pembeli kambing di tempatnya tidak seramai tahun-tahun sebelumnya.

“Sekarang tidak seperti Idul Adha tahun-tahun yang lalu. Pembeli sangat berkurang, mungkin karena pengaruh virus corona,” ujarnya.

Ilham mengklaim, jelang Idul Adha tahun lalu lapak hewan kurbannya bisa menjual sekitar 100 ekor kambing.

Sementara tahun ini, Ilham mengaku baru menjual sekitar 10 ekor kambing. Adapun harganya berkisar Rp 1 juta hingga 3,5 juta per ekor.

“Sekarang sudah tinggal sepekan lagi biasanya sudah ramai. Tapi ini belum. Sekarang saja baru laku 10 ekor kambing,” ujar dia.

Ia pesimis total penjualan hewan kurbannya pada masa pandemi Covid-19 ini bisa menyentuh angka penjualan tahun-tahun sebelumnya.

“Sangat susah untuk mencapai target penjualan 100 ekor seperti tahun lalu, namun biasanya pembeli ramai menjelang hari H. Mudah-mudahan permintaan dari hari ke hari semakin meningkat,” harapnya. (*/rls)