Petani di Gowa Kembalikan Sembako Bantuan Pemerintah, Ini Alasannya

ZONATIMES.COM, Gowa – Satu lagi masyarakat Kabupaten Gowa, Alimin Ditung (54) yang merupakan warga Dusun Pangajiang, Desa Parigi, Kecamatan Tinggimoncong menunjukkan rasa besar hatinya.

Pasalnya di tengah pandemi ini saat masyarakt lain berlomba-lomba ingin mendapatkan bantuan, namun Alimin dengan senang mengembalikan bantuan sembako yang diterimanya dari pemerintah dusun dan tim verifikasi.

Alimin bersyukur dengan bantuan yang diterimanya, akan tetapi dirinya merasa masih banyak masyarakat lain yang lebih membutuhkan.

“Alhamdulillah karena masih diberikan rezeki, biarpun saya miskin tapi masih banyak orang dibawah saya, jadi saya terima dulu bantuannya baru kembalikan saat itu juga untuk kasi orang yang lebih dibawahku,” ungkapnya Senin, (12/5/2020)

Diketahui lelaki yang kesehariannya bekerja sebagai petani itu tidak mendapatkan satu jenis bantuan apapun selain sembako pemerintah yang dikembalikannya, tetapi sifat mulia dan keihlasannya mampu menjadi contoh bagi masyarakat lain.

“Berterimakasih sekalika karena masih dikasi rezeki, tapi menurutku masih banyak orang dibawah saya, insya allah untuk kebutuhan sehari-hari saya masih bisa,” jelasnya.

Sementara Kepala Dusun Pangajian Desa Parigi, Kecamatan Tinggimoncong, Aruna Tahir, mengaku kaget yang sementara melakukan door to door dalam pendistribusian paket. Menurutnya saat tiba dirumah Alimin bersama tim verifikasi, Alimin tetap menerima setelah itu diserahkan kembali kepada tim.

“Terus terang kami kaget dan tidak menyangka masyarakat yang menurut kami sangat sederhana dan memang layak itu dengan ikhlas mau memberikan bantuannya kepada orang lain, dia dengan sopan menerima setelah itu langsung mengembalikan ke kami dengan sangat sadar,” katanya.

Terkait bantuan yang diserahkan kembali itu, Aruna Tahir memberikan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan yakni seorang janda yang tinggal bersama anaknya dan tidak terdata karena KK masih menggunakan KK Kendari (mantan suaminya).

“Kami sempat bertanya ke Pak Alimin untuk menunjuk siapa yang mau dikasih nanti kami yang bantu bawakan, tetapi dia dengan bijak menyerahkan semuanya ke tim karena menurutnya tim lah yang lebih tau siapa yang lebih butuh. Sehingga berdasarkan penelusuran kami di Lapangan kami berikan kepada Daeng Kebo ini dan jika perlu kita buatkan berita acara,” jelas Aruna.

Menanggapi sikap warganya itu, Camat Tinggimoncong, Andry Mauritz sangat mengapresiasi langkah warga yang dengan sukarela mengembalikan paket sembako Pemkab Gowa melalui pemerintah desa atau dusunnya itu. Apalagi katanya Pak Alimin tidak mendapatkan bantuan lain selain sembako pemkab Gowa tersebut.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi warga kami yang dengan ikhlas, sukarela mengembalikan sembako yang diberikan, Kami berharap ini bisa menjadi contoh baik bagi masyarakat, ditambah dia tidak menerima bantuan lain dan lebih memilih menyerahkan ke masyrakat yang lebih membutuhkan,” pungkasnya.(NH)