Pulau Lantigiang Selayar Diduga Dijual Rp900 Juta ke WNA Asal Jerman

ZONATIMES.COM, – Kepolisian Resort Kepulauan Selayar tengah mengusut dugaan penjualan Pulau Lantigiang Selayar. Pulau tersebut diduga dijual oleh salah seorang warga Kepulauan Selayar dengan harga 900 juta rupiah kepada Warga Selayar yang bersuamikan Warga Negara Asing (WNA) asal Jerman.

“Ya, Saya sudah mendapat laporan dari tim bahwa tanah tersebut dijual oleh warga yang mengaku bahwa pulau tersebut milik kakek-neneknya. Kemudian dijual kepada warga Selayar yang menikah dengan orang Jerman, (harganya) Rp 900 juta,” kata Kapolres Selayar AKBP Temmangnganro Machmud, Jumat (29/1/2021).

Temmangnganro mengatakan pihak penjual Pulau Lantigiang telah mendapatkan down payment (DP) sebesar Rp 10 juta. Meski begitu, kasus ini masih dalam tahap penyelidikan.

“Demikian masih dalam penyelidikan, jika ada cukup bukti, maka akan dilanjutkan ke penyidikan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Faat Rudianto saat dihubungi terpisah, membenarkan bahwa pihaknya yang melaporkan dugaan penjualan Pulau Lantigiang ini ke polisi.

“Dijual ke pihak ketiga yang katanya orang di sana juga yang mengembang sarana wisata. Kalau transaksi itu kan tidak ada jual beli pulau yang ada jual beli tanah, tapi tanahnya lebih luas dari pulau. Pulaunya lah yang dijual karena transaksi tidak ada jual beli pulau selalu kan jual-beli tanah,” kata dia.

Meski begitu, Faat akan menunggu hasil penyelidikan pihak kepolisian.

Pulau Lantigiang diketahui masuk dalam wilayah Taman Nasional Taka Bonerate, Kepulauan Selayar. Pulau ini tidak berpenghuni dan berjarak 15 menit dari Pulau Jinato. Salah satu yang menarik di pulau ini adalah banyaknya penyu yang sedang bertelur sana.(Tim)