Salat Id di Rumah, Wabup Pangkep: Tidak Perlu Lagi Berpolimik, Harus Kita Patuhi

ZONATIMES.COM, Pangkep – Setelah sebelumnya dibolehkan, akhirnya Pemerintah Kabupaten Pangkep, sepakat meniadakan salat idul fitri, 1 Syawal 1441 Hijriah, Pemkab meminta masyarakat menggelar salat Id di rumah saja.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat edaran nomor 441/54/Depag terkait pelaksanaan hari raya idul fitri, Selain itu, surat edaran tersebut juga mengatur peniadaan takbir keliling.

Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana berharap masyarakat mematuhi surat edaran tersebut.

“Kita tidak perlu lagi berpolemik, surat edaran sudah keluar dan itulah yang harus kita patuhi,” ujarnya Syahban, dilihat halaman Pemkab Pangkep, Sabtu (23/5/2020)

Tidak hanya mengatur pelaksanaan salat id, surat edaran tersebut juga mengimbau, agar warga Pangkep, tidak menerima tamu dari luar daerah.

Penerbitan surat edaran tersebut, berdasarkan fatwa MUI pusat nomor 28 tahun 2020, tanggal 13 Mei 2020 tentang panduan kaifiat takbir dan salat idul fitri saat pandemi Covid-19.

“Termasuk hasil rapat gugus tugas Sulsel yang dipimpin oleh gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, melalui vidio konfren dengan Menkopolhukam RI dan seluruh jajaran gugus tugas se-Indonesia dalam rangka percepatan penanganan Covid-19,” jelas Syahban.