Salat Idul Adha di Kampung, Mentan: Gowa Makin Baik

ZONATIMES.COM, Gowa – Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo (SYL) melaksanakan salat Idul Adha 1441 Hijriah di Ruang Terbuka Hijau RTH Syekh Yusuf Discovery Sungguminasa Kabupaten Gowa, Jumat (31/7/2020).

Dalam sambutannya Mentan SYL yang juga mantan Bupati Gowa ini mengaku bahagia bisa ikut melaksanakan Salat Idul Adha di Kabupaten Gowa. Karena menurutnya lebaran Idul Adha tahun ini bisa dilaksanakan di kampung halaman bersama keluarga.

“Terutama kita semua yang menajdi keluarga saya sebagai orang Gowa. Saya merasa ini menjadi berkah tersendiri melihat kondisi keadaan Gowa dari hari ke hari makin baik,” ujarnya di hadapan ribuan jemaah Idul Adha.

Lanjutnya, pelaksanaan Idul Adha tahun ini kata SYL berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun ini dilaksanakan ditengah pandemi virus Corona atau Covid-19. SYL menyebutkan bahwa Covid-19 ini merupakan ujian untuk kita semua.

“Ini adalah ujian untuk kita keluar sebagai orang yang kuat. Kita harus banyak mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, vitamin dan banyak berolahraga,” jelasnya.

Dengan demikian, cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi Covid-19 ini adalah memperbaiki keimanan, kedekatan terhadap sesama dan mengikuti protokol kesehatan serta anjuran pemerintah.

“Kita adalah anak pemerintah anak negara. Oleh karena itu, kita harus mendengarkan apa anjuran pemerintah seperti menggunakan masker dan jaga jarak. Jangan anggap Covid-19 ini sebagai hal biasa-biasa saja,” harapnya.

Namun mantan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan dua periode terdebut meyakini bahwa dengan kultur yang dimiliki masyarakat Gowa bisa keluar dan melewati tantangan ini.

“Kita harus menjadi pemenang dari semua tantangan dan masalah kehidupan. Karena orang Gowa, Bugis-Makassar sudah teruji kehidupannya, teruji dia punya genetika dan ini bawaan dari lahir,” tandasnya.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha ini juga dihadiri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, jajaran Forkopimda dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.