oleh

Sunat Massal Gratis Digelar untuk Korban Banjir Bandang Masamba

Jumat, 14 Agu 2020, 8: 42 pm
Tim Relawan Kesehatan Makassar bersama Laskar Sedekah dan Posko Pencinta Alam se- Luwu Raya menggelar sunatan massal gratis bagi korban banjir bandang dan warga di Desa Baloli, Kecamatan Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

ZONATIMES.COM, Lutra – Tim Relawan Kesehatan Makassar bersama Laskar Sedekah dan Posko Pencinta Alam se- Luwu Raya menggelar sunatan massal gratis bagi korban banjir bandang dan warga di Desa Baloli, Kecamatan Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dengan diadakannya kegiatan sunatan massal ini, warga Lutra pun begitu antusias. Terlihat dari pendaftaran peserta sunatan massal yang ternyata mencapai sekitar 40 hingga 50 anak-anak kecil.

Terkait kegiatan tersebut, salah satu anggota dari Relawan Kesehatan Makassar, Afifah Nurfadhilah mengatakan kegiatan ini terlaksana murni atas inisiatif para relawan gabungan untuk membantu anak-anak korban banjir Masamba Lutra. Hal ini mengingat keadaan ekonomi yang sangat minim pascabencana yang melanda wilayah tersebut.

Baca Juga  Selama PSBB Gowa Kesadaran Warga Meningkat, 1.456 Blanko Teguran Keluar

“Kegiatan ini adalah inisiatif relawan kami. Kegiatan ini terlaksana tidak lain tujuannya adalah karena ingin membantu korban banjir, apalagi mereka banyak mi yang ekonominya susah dll kan jadi kami inisiatif bantu,” tutur Afifah Nurfadhilah, Jumat, (14/8/2020).

Selain itu, Afifah juga mengungkap bahwa selain mengadakan kegiatan sunatan massal, pihak relawan juga memberikan bantuan lain, berupa sarung dan alat-alat lainnya.

Untuk diketahui bahwa sebenarnya relawan kesehatan Makassar tersebut juga selalu mengadakan kegiatan sunatan massal ditempat yang sedang tertimpa musibah bencana banjir.

Baca Juga  COVID-19 di 18 Daerah Sudah Melandai, Gubernur Sulsel: Tetap Waspada

“Sebenarnya komunitas kami lebih ke sunatan massalnya ji memang, cuman yah itu kalau ada bencana begini kami selalu mau turun sekalian adakan sunatan massal,” tambah Afifah.

Selain itu Afifah juga menuturkan terkait dana yang digunakan dalam kegiatan tersebut. Dirinya mengungkap bahwa dana yang digunakan adalah dana dari open donasi, dan dananya pun digunakan untuk membeli obat dan bahan lainnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung dengan dukungan dari RS Lagaligo, Luwu Utara. Pihak RS memberikan bantuan berupa barang cepat pakai, seperti masker, obat-obatan dan lainnya.

“Kami juga kerja sama dengan laskar sedekah. Laskar sedekah memberi bantuan berupa snack, cemilan, susu untuk para anak-anak setelah sunat,” tutur Afifah.

Baca Juga  Kini Ada 7 Pasien Positif Covid-19 di Bulukumba, Bertambah 1

Sementara, Juru bicara Posko Relawan Pencinta Alam se-Luwu Raya, Raswan juga  mengatakan bahwa relawan ikut senang karena antusiasme tinggi dari warga. Relawan berencana menggelar kegiatan serupa di daerah lain.

“Alhamdulillah, kegiatan kami disambut baik, dan warga begitu antusias mengikutkan anaknya untuk di sunat. Perkiraan hanya 20 anak ternyata lebih dan pendaftar sampai 50 anak, dan Alhamdulillah semua berjalan lancar,” lanjutnya.

Rencananya setelah di Desa Baloli, kami akan melaksanakan di tempat pengungsian yang lain, namun kita tunggu waktu yang tepat dulu.

Baca Juga