Tol Layang AP Pettarani Jadi Ikon Baru, Gubernur: Bentar Lagi Kita Nikmati

ZONATIMES.COM, Makassar – Pembangunan Jalan Tol Layang AP Pettarani akan menjadi Ikon baru di kota Makassar yang sebentar lagi akan beroperasi.

Saat ini jalan tol layang yang memiliki panjang 4,3 Km itu sudah memasuki tahapan penyelesaian span terakhir pada pekerjaan erection box girder.

“Hal ini berarti tidak lama lagi jalan tol Layang ini kita akan nikmati bersama,” kata Nurdin Abdullah, saat konferensi video Minggu (17/5/2020) seperti dilihat halaman Pemprov Sulsel.

Menurut mantan bupati Bantaeng dua periode itu, jalan tol layang dapat mengurangi kemacetan dan akan menghubungkan dengan Jalan Tol Ujungpandang seksi I dan seksi II yang akan menjadikan akses ke Pelabuhan Soekarno Hatta dan Bandara Sultan Hasanuddin semakin lancar.

“Hadirnya jalan tol layang ini akan mengurangi kemacetan juga akan menghubungkan dengan Jalan Tol Ujungpandang seksi I dan seksi II yang akan menjadikan akses ke Pelabuhan Soekarno Hatta dan Bandara Sultan Hasanuddin semakin lancar. Dan tentu akan meningkatkan produktivitas rakyat dan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Jalan tol layang ini dibangun di atas jalan nasional AP Pettarani sehingga tak perlu membebaskan lahan. Tol ini memiliki 74 span pada Main Line, 9 span pada Ramp On dan 7 span pada Ramp Off dengan box girder mencapai 3.044 unit.

Proyek yang didanai oleh Pemerintah Kota Makassar dan PT Bosowa Marga Nusantara itu melibatkan sekitar 1.000 pekerja. Nilai investasi proyek mencapai Rp1,6 triliun.