Ribuan Santri dan Alumni DDI Bantaeng Ngalap Berkah di Makam KH Fathuddin BA

ZONATIMES.COM, Bantaeng – Ribuan santri dan alumni Pondok Pesantren DDI Mattoanging Bantaeng berziarah ke makam pimpinan pondok pertama, KH. Fathuddin BA. Jumat, 14 Februari 2020. Ngalap berkah dan sebagai rangkaian Milad DDI ke 73 tahun.

Sebelumnya itu, dari pantauan zonatimes.com, santri dan alumni terlebih dahulu melaksanakan salat Duha berjamaah di masjid pondok, seusainya langsung menuju pemakaman yang berlokasi di Desa Rappoa, Kecamatan Pa’jukukan, Kabupaten Bantaeng.

Selain makam KH. Fathuddin BA. Santri dan alumni juga ke makam Almarhum Ustadz Abdul Muthalib, yang juga salah satu pembina pondok pesantren DDI Mattoanging Bantaeng.

Ribuan Santri dan Alumni DDI Mattoanging Bantaeng ziarah makam, Jumat, 14 Februari 2020 (Foto:Ist)
Ribuan Santri dan Alumni DDI Mattoanging Bantaeng ziarah makam, Jumat, 14 Februari 2020 (Foto:Ist)

Masih terpantau, melihat mereka berjalan kaki sambil melantunkan shalawat sepanjang jalan menuju lokasi makam, masyakarat terlihat sangat senang melihat meraka.

Masyarakat yang berada di sekitar lokasi pemakaman juga sangat merespon baik santri dan alumni. Sebab, menurut dia sudah lama menantikan santri dari pondok untuk menziarahi makam para kiyainya.

Agenda ziarah makam ini, diprakarsai oleh Ikatan Alumni DDI Mattoanging Bantaeng cabang Makassar yang saat ini diketuai Nurfahmi Afrian, ia mengatakan ziarah makam itu, mengingat dan mengenang jasa para kiyai telah wafat.

“Ziarah makan ini, mengingat dan mengenang Kiya-kiyai kita dan bertabarruk atau mengalap barakah atas ilmu-ilmunya, memanjatkan doa kepadanya. Ziarah makam itu juga sebagai tradisi kita santri DDI Mattoanging, dan ini penting untuk kita bumikan bersama,” ujar Riank sapaanya, saat ditemui di lokasi pemakaman.

Sejumlah pembina pondok santri juga ikut mendampingi, santri dan santriwati, seperti Ustadz H. Muhajir, Ustadz Sudirman dan Ustadz Aril Parela. Ziarah makam itu dipimpin oleh Muhammad Ansar dan Ridwan.

Leave a Comment