Siapkan 1.600 Swab Antigen, BNPB Pastikan Relawan Gempa Sulbar Aman dari Covid-19

Gambar Gravatar
Jumat, 22 Jan 2021, 7: 06 am-News

ZONATIMES.COM,- Badan Nasional Penanggualangan Bencana (BNPB) terus melakukan upaya evakuasi korban gempa bumi di Sulawesi Barat. Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo mengguncang Kabupatan Majene dan Mamuju Jumat lalu.

BNPB bersama relawan lainnya juga melakukan upaya untuk mencegah penularan Covid-19 bagi penyintas gempa. Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan dalam pertemuan koordinasi relawan Kamis (21/1/2021) mengatakan, BNPB menyiapkan 1.600 swab antigen untuk relawan.

Data BNPB per 21 Januari 2021, tercatat 92 organisasi relawan yang siap ke Sulbar. Dari 92 organisasi tersebut, total 1.600 relawan.

Semua relawan dari berbagao organisasi diharapkan mendaftarkan diri ke Desk Relawan.

Sebelum turun membantu korban gempa di Sulbat, para relawan harus menjalani rapis test antigen. Langkah ini dilakukan untuk menjamin keamanan dan keselamatan relawan dan korban gempa dari penyebaran Covid-19.

BNPB bekerja sama dengan beberapa organisasi untuk menyediakan tenaga medis. Oleh karena itu, BNPB meminta relawan yang ingin terlibat dalam penanganan darurat untuk rapid test antigen terlebih dahulu.