Warga Sulbar Terdampak Gempa Dapat Rp 50 Juta Dana Perbaikan Rumah

Gambar Gravatar
Sabtu, 23 Jan 2021, 5: 27 pm-News

ZONATIMES.COM, – Bencana alam gempa bumi yang melanda Kabupaten Mamuju, Majene, dan Polman Sulawesi Barat menimbulkan kerugian secara materi. Rumah warga rusak akibat getaran gempa berkekuatan 6,2 magnitudo Jumat 15 Januari lalu.

Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta proses pendataan rumah terdampak gempa segera diselesaikan.

Dilansir dari laman resmi BNPB, perintah akan memberikan bantuan berupa dana stimulan untuk membangun kembali rumah warga Sulbar.

Adapun besaran dana stimulan tersebut adalah 50 juta rupiah untuk rumah rusak berat, 25 juta rupiah untuk rumah rusak sedang dan 10 juta rupiah untuk rusak ringan. Bantuan ini sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke lokasi terdampak Gempabumi Sulbar pada Senin 18 Januari lalu.

Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, dana itu disalurkan ada tidak ada masyarakat yang belama-lama di pengungsian.

“Dana stimulan ini diharapkan nantinya bisa dikelola oleh masyarakat dengan dukungan TNI dan Polri,” jelas Doni.

Adapun rumah yang rusak ringan akan diberikan bantuan sesuai dengan yang telah ditentukan. “Kalau rusak ringan mungkin nanti setelah dinilai bisa ditempati setelah situasi normal kembali mungkin tidak begitu banyak direnovasi. Tetapi bagi mereka yang rumahnya sudah rusak berat dan tentu tidak mungkin ditempati,” pungkasnya.