Warga Temukan Dugaan Illegal Fishing di Selayar, Barang Bukti Ikan Pogo dan Sunu

ZONATIMES.COM, Selayar – Warga pesisir pantai Desa Bungaia, Kecamatan Bontomate’ne, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulsel dibuat geger oleh kehadiran tiga unit perahu balapan. Warga juga menemukan ikanĀ  yang diduga merupakan sisa-sisa dari hasil dugaan adanya illegal fishing.

Kejadian pada Kamis, 6 Mei 2021 tersebut, diketahui dari postingan video yang dunggah salah seorang aktivis pemerhati lingkungan laut dan pantai, Baim Strike, melalui akun facebook, group pembaca tanadoang pos.

Baim yang dikonfirmasi wartawan pada hari, Sabtu (8/5/2021) membenarkan informasi aktivitas illegal fishing yang terjadi di Desa Bungaia.

Pengungkapan dugaan aktivitas illegal fishing ini berawal dari temuan ikan yang mengapung. ā€œBerawal dari temuan sisa-sisa ikan yang mengapung di sekitar perairan Desa Bungaia dan diduga merupakan sisa-sisa kegiatan pengeboman ikan oleh sekelompok warga nelayan tak ramah lingkungan,ā€ tutur Baim.

“Rombongan tiga unit perahu nelayan jenis balapan yang digunakan beraksi oleh para terduga pelaku disinyalir, berasal dari Desa Polassi, Kecamatan Bontosikuyu”, pungkas Baim, di ujung saluran telepon.

Kepala Desa Bungaia, Alimuddin, ST, yang dikonfirmasi terpisah oleh wartawan via pesan Whatsapp, pada Sabtu, (8/5/2021) malam, membenarkan kejadian pengeboman ikan yang berlangsung di wilayahnya, pada sekira Pukul 10.30 WITA Kamis lalu.

“Memang benar, bahwa sekira pukul 10.30 kamis pagi telah terjadi kegiatan pengeboman ikan yang dilakukan oleh sekelompok warga nelayan dengan menggunakan tiga unit perahu balapan,ā€ jelasnya.

“Warga yang pada hari itu,Ā  mendengar suara ledakan bom ikan, langsung mencari sumber suara dan bergerak menuju ke tkp untuk melakukan upaya penangkapan terhadap terduga pelaku pengeboman,ā€ tambahnya.

Sayangnya, pelaku tidak kabur setelah aktivitasnya ketahuan oleh warga setempat. “Perahu balapan yangĀ  digunakan oleh para terduga pelakupun, tidak berhasil dikejar oleh perahu warga,ā€ kata Alimuddin.

Illegal Fishing di Selayar
Barang bukti dugaan Illegal Fishing di Kabupaten Selayar, Sulsel.

Meski demikian, warga berhasil mengamankan barang bukti berupa ikan pogo dan sunu yang mengapung di sekitar wilayah yang diduga adanya illegal fishing. “Ikan tersebut, sudah dibawah dan diserahkan kepada aparat kepolisian sektor Bontomate’ne untuk dijadikan sebagai sample barang bukti,ā€ jelas Aminuddin.

Warga telah menyerahkan ikan tersebut sebagai barang bukti pada Jum’at (7/5/2021) malam, saat menyampaikan laporan di hadapan aparat penyidik Polsek Bontomate’ne. (Andi Fadly Dg. Biritta)