Hal-hal Sepele Penyebab Mesin Mobil Overheat

Gambar Gravatar
Rabu, 14 Apr 2021, 5: 00 pm-Otomotif

Mesin mobil dapat berada dalam keadaan overheat atau kelebihan panas. Hal ini tak jarang terjadi akibat hal-hal sepele yang bisa saja tidak kamu sadari. Panas berlebih pada mesin mobil dapat merusak beberapa komponen pada kendaraan roda empat tersebut. Jika terus dibiarkan, mesin mobil mu bisa mati total. Untuk itu, mari simak beberapa hal kecil yang bisa menimbulkan kerusakan pada mobilmu!

Tutup Radiator Rusak

Hal ini biasa disebabkan usia pakai. Kebanyakan karena komponen bahan dan cap (tutup) radiator berbahan dasar karet, kondisinya telah getas karena terkena panas coolant. Sehingga tidak dapat mengatur tekanan di dalam radiator.

Jika komponen tersebut hendak diganti, maka pastikan spesifikasi radiator cap sesuai dengan bawaan pabrik.

Kebocoran Radiator

Masih soal radiator. Tak jarang kebocoran radiator disebabkan korosi pada kisi-kisi radiator. Hal tersebut dipicu karena radiator diisi oleh air selain cairan khusus radiator (coolant). Lalu, saat terjadi kebocoran, coolant akan terbuang sehingga tidak cukup untuk mendinginkan suhu mesin mobil. Jika terus seperti itu maka mobil mengalami overheat.

Kipas (Motor Fan) Mati

Mesin mobil membutuhkan kipas atau motor fan untuk sirkulasi udara yang dapat mendinginkan radiator. Nah, jika kipas tersebut mati, maka tidak ada yang dapat mendinginkan coolant pada radiator. Dengan begitu, mesin akan mudah kelebihan panas atau overheat.

Telat Ganti Oli

Yang terakhir bisa terjadi karena kamu sering menunda untuk ke bengkel dan mengganti oli mobilmu. Oleh sebab itu, jika kamu membaca artikel ini dan sudah waktunya mengganti oli, maka segeralah menggantinya. Sebab oli mesin yang sudah lama tak diganti akan mengakibatkan mesin menguap akibat panas yang berlebih.

Sebelum kerusakan pada mobilmu makin parah, yuk lebih teliti pada hal-hal kecil yang ternyata bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada mesin mobil!