Perawatan Motor Metik saat Musim Hujan

Gambar Gravatar
Selasa, 13 Apr 2021, 5: 00 pm-Otomotif

Di tengah cuaca yang sangat sulit diprediksi seperti sekarang ini, sebagai pemilik kendaraan roda dua, sudah sepatutnya kamu selalu siap siaga untuk merawat motor mu itu. Apalagi ketika motor milik mu sudah terguyur hujan selama berhari-hari atau terendam genangan air di jalanan. Kamu bisa melakukan beberapa perawatan yang tim redaksi Zonatime berikan biar sepeda motor mu tetap berfungsi dengan baik. Yuk, simak tahapannya!

Mencuci Motor

Iya, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah segera mengguyur motormu dengan air bersih. Soalnya, kandungan zat asam pada air hujan dapat berpotensi mengurangi kilau cat motor mu. Jika kamu membiarkan motor mu begitu saja setelah terkena air hujan, maka motor mu mudah terkena karat.

Memastikan Rantai Motor Baik

Saat mencuci motor, kamu juga harus memastikan bahwa kamu sudah membersihkan rantai motormu dengan baik. Sebab rantai motor yang terkena air hujan dan tak segera dibersihkan dapat berkarat dengan sangat cepat. Apalagi bila rantai motormu menggunakan penutup rantai.

Ohiya, jangan lupa untuk kembali mengencangkan rantai motormu, ya. Dan tidak lupa untuk melumasi rantai motormu dengan grease khusus rantai.

Memeriksa Kanvas Rem dan Piston Cakram Rem

Kanvas rem terbuat dari bahan asbes sehingga ketika terkena air, ia dapat menggelembung dan mengering apabila telah kering. Oleh sebab itu, setelah kamu mencuci motor, ada baiknya kamu sering menginjak pedal rem untuk memastikan kanvas rem mu sudah kering. Jika tidak maka pedal rem mu akan menjadi sangat keras.

Selain itu, kamu juga harus sering membersihkan cakram rem. Sebab setelah menerjang genangan banjir, maka banyak sekali kotoran yang menempel di cakram rem tersebut.

Membersihkan Knalpot dan Busi Motor

Saat terguyur air hujan, bagian dalam leher knalpot menjadi bagian yang paling kotor atau ditempeli banyak kotoran. Kamu bisa mengatasinya dengan menyemprotkan oli ke dalam bagian knalpot dan olesi grease pada bagian leher knalpot. Setelah itu, panaskan kembali motormu selama 5 menit. Dengan begitu, sistem pembuangan pada motormu tetap bisa berfungsi baik.

Kemudian busi juga menjadi salah satu bagian paling vital pada sepeda motor. Untuk itu, setelah membersihkan motor, kamu mesti mencabut kop atau karet penutup busi kemudian tiup atau bersihkan dengan lap. Ingat! Busi motor yang basah akan menghambat pengapian ketika motor dinyalakan.

Semoga tips merawat motor di musim hujan ini dapat bermanfaat, ya. Selamat mencoba!