Tips Perawatan Rem Agar Tetap Pakem

Gambar Gravatar
Jumat, 09 Apr 2021, 5: 00 pm-Otomotif

Rem menjadi salah satu komponen paling penting pada kendaraan. Gak kebayang dong ketika berkendara ternyata rem kamu blong, sehingga bisa saja kamu mengalami kecelakan. Duh, jangan sampai deh! Untuk itu, yuk ikuti tips merawat rem agar tetap pekam ini, ya.

Kampas Rem

Kejelian untuk mengetahui waktu yang pas untuk mengganti kampas rem sangat dibutuhkan bagi pemilik kendaraan roda dua. Sebab ketika kampas rem telah menipis, pemilik kendaraan harus segera menggantinya. Soalnya, kampas rem yang sudah tipis, apabila tetap digunakan akan mengikis piringan cakram.

Jadi, kalau kampas rem motormu sudah tipis, segera ganti, ya. Biar rem motormu tetap pakem. Jangan menunggu sampai motormu mengeluarkan suara berdesing di bagian cakram. Itu bahaya sebab rem tak lagi berfungsi dengan baik.

Master Rem

Master rem adalah komponen yang terhubung langsung ke tuas rem yang ditekan pengendara. Sinyal rem butuh perawatan bisa pengendara rasakan dari adanya perbedaan pada respon master rem.

Biasanya, tuas terasa keras atau malah kempos ketika ditekan. Selain itu, kinerja pengereman tidak sesuai harapan. Di kondisi ini, kemungkinan bagian dalam master rem berupa piston kecil dan karet-karetnya perlu dibersihkan.

Akan tetapi, kalau kondisi master rem mu sudah tidak layak, ada baiknya kamu segera menggantinya dengan yang baru.

Minyak Rem

Selain membersihkan master rem, yang perlu kamu perhatikan juga adalah minyak rem. Ketika tuas rem terasa sangat keras, bisa jadi hal itu disebabkan minyak rem mu kemasukan banyak angin sehingga tekanannya tidak maksimal. Kamu bisa mengatasinya dengan mengeluarkan udara yang terjebak di dalamnya dan menambahkan minyak rem sesuai kebutuhan.

Kaliper

Posisi kaliper yang berada di dekat roda membuat kotoran mudah masuk dan menumpuk. Kotoran tersebut membuat pergerakan kaliper jadi seret. Nah, satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan adalah sesering mungkin membersihkan kotoran di dalam kaliper tersebut.

Ketika kamu membersihkannya, bagian piston harus menjadi perhatian utama karena seringkali berkerak. Kamu bisa menggunakan sikat kawat untuk membersihkan, ya. Selamat mencoba!