Permudah Urusan Administrasi, Aplikasi SIMDI Bakal Hadir di Desa Batulappa Bone

Gambar Gravatar
Senin, 09 Nov 2020, 1: 35 am-Pemerintahan

ZONATIMES.COM, Bone – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah banyak memberikan sumbangsih kepada seluruh pengguna media social mulai dari periklanan, perdagangan, sampai kepada keterbukaan informasi publik.

Berangkat dari situ, salah satu Dosen Peternakan Unhas Andi Rahmat Mandasini menginisiasi untuk mengembangkan sistem informasi yang ada di desannya, yaitu Desa Batulappa, Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone. 

Inisiatif tersebut kata dia direspon baik oleh Kepala Desa Batulappa, Khaeruddin Mallanti beserta jajarannya. Andi Rahmat Mandasini yang juga Direktur IT Riset & IT Development akan menciptkan aplikasi yang diberi nama sistem informasi data terintegrasi (SIMDI).

Rahmat Mandasini menilai pelayanan administrasi skala desa tidak efisien serta pendataan kepundudukan yang kerap tumpang tindih antar Desa-Kecamatan. 

“Maka hadirlah aplikasi SIMDI sebagai alternatif pengurusan administrasi yang tentunya banyak memberikan sumbangsih kepada masyarakat,” kata dia dalam keterangan tertulisnya diterima redaksi, Minggu (8/11/2020).

Menurut dia, Aplikasi SIMDI tersebut secara otomatis merekap jumlah surat yang masuk, serta memudahkan monitoring pengambilan kebijakan kedepannya.

“Namun yang menjadi problem pada saaat ini adalah persoalan jaringan di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone tetapi besar harapan aplikasi SIMDI ini bisa meroket untuk difungsikan,” tambah Mandasini.