oleh

NA Jamin Sekolah Bagi Korban Konflik Wamena

Minggu, 06 Okt 2019, 2: 39 am
Nurdin Abdullah didampingi oleh Iqbal Suheab saat penjemputan korban konflik Wawena (Foto: Humas)

ZONATIMES.COM, Makassar – Sebanyak 369 pengungsi Wamena asal Sulsel tiba di pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar,  Sabtu, 5 Oktober 2019.

Kapal Ciremai yang mengangkut ratusan pengungsi itu, bersandar sekitar pukul 15.00 Wita. Dari 369 pengungsi ada 209 orang berasal dari Sulsel, 147 diantaranya asal Toraja.

Sementara pengungsi asal Sumatera Barat sejumlah 144 orang akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta, dan 16 orang tujuan Bau-Bau.

Kedatangannya dijemput langsung oleh Penjabat (PJ) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb yang mendampingi Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Baca Juga  Diduga Hasil Hubungan Gelap, Jasad Bayi dengan Kondisi Mengenaskan Ditemukan Warga Selayar di Jalan

“Untuk Sulsel kita tampung di Asrama Haji, sementara dari Minang (Sumatera Barat) kita tampung di (Asrama Mahasiswa) Unismuh, jadi sudah ada Ikatan keluarga Minang (IKM) yang menghandel,” ujar Iqbal Suheab.

Pengungsi pun dijamin mulai kesehatan hingga pemenuhan kebutuhan sehari-harinya.

“Kita turunkan Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang akan memberikan trauma healing dengan pendampingan psikolog,” jelasnya.

Sementara, Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa para pengungsi terlebih dulu diistirahatkan. Adapun pengungsi yang tiba ada juga terdapat anak-anak dan bayi. Serta beberapa dalam kondisi sakit yang kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga  Warga Demo Soal Asusila, Rumah Kades Banggae Takalar Dijaga Polisi

Gubernur juga berharap bahwa suasana bisa kembali kondusif, apalagi warga perantau memiliki aset di sana.

Untuk anak-anak pengungsi yang ingin bersekolah akan dijamin dan dimudahkan.

“Saya sudah jamin anak-anaknya selama ada di sini, dengan mudah bisa sekolah, jadi tidak sulit,” pungkasnya.

Komentar

Baca Juga