oleh

Viral di Medsos, Crosshijaber Pria Berhijab, Begini Respon PBNU

Gambar Gravatar-Peristiwa - 15 Oktober 2019

ZONATIMES.COM – Media sosial Facebook dan Instagram tengah dihebohkan dengan adanya kelompok crosshijaber. Apa itu? Crosshijaber adalah pria yang suka memakai baju muslim.

Istilah crosshijaber diambil dari crossdressing, di mana pria mengenakan gaun wanita dan tampil dengan makeup.

Crosshijaber menjadi trending topik di pemberitaan. Indonesia mulai mendapat cobaan baru dengan fenomena ini, pasalnya komunitas crosshijaber tampil dengan model yang tak nampak, menggunakan baju panjang dan lebar.

Kadang juga, lengkap dengan hijab bahkan cadar. Sehingga mengidentifikasinya susah, tak ada yang tahu kalau sebenarnya mereka adalah pria.

Mirisnya lagi, bahkan sudah ada komunitasnya di akun Instagram maupun Facebook, seperti @crosshijabers yang telah diikuti 1.082 pollowers dalam keterangan akun tersebut ‘ Emangnya Cewek Doang yang Boleh??? Cowok Juga Dong’!

Salah satu akun Instagram komunitas Crosshijaber (Foto: Screenshot Instagram Crosshijaberss/zonatimes.com)

Dengan fenomena yang tengah viral ini pun, mendapat banyak respon dari kalangan masyarakat, baik pemerintah hingga tokoh agama.

Seperti halnya dari PBNU, menurutnya pria yang berpenampilan menggunakan hijab, bahkan bergaya ala hijab syar’i lengkap dengan cadar. Ia menilai tampilan itu sudah menyimpang dari ajaran ilmu fikih.

“Ya menyimpang ajaran fikih, maksudnya apa datang ke masjid ditutupi pakai hijab. Ini diluar ajaran islam,” kata Ketua PBNU, KH Abdul Manan Gani kepada wartawan dilansir dari detikcom Selasa, 15 Oktober 2019.

Dalam ajaran Islam, Manan menyebut seorang pria tidak boleh memakai hijab. Dia juga mempertanyakan maksud dan tujuan komunitas crosshijaber.

“Ya baru dengar ini, apalagi marak apa maksudnya? Mau teror atau mau apa? Laki-laki pakai hijab ini saya baru denger. Laki menutup hijab warna hitam ya, kemudian apa maksudnya? Namanya apa? Apa tujuannya itu? Harus tahu identitasnya kan,” jelas dia.

“Sudah menyalahi budaya, kalau salat ditutupi mau apa? laki-laki jidat harus dibuka,” sambung dia.

Komentar

Baca Juga