oleh

Keadilan Untuk Siapa? Sampaikanlah!

ZONATIMES.COM, Opini – Keadilan biasanya hanya dilakukan oleh orang-orang yang bertanggung jawab atas apa yang telah menjadi amanah untuk dirinya dan orang disekitarnya.

Namun, keadilan itu hanya dinikmati oleh sebagian orang yang dianggap penting, sebagian orang yang hanya mampu dalam segala hal entah itu dalam hal ekonomi, sosial ataupun yg lainnya. Dan lantas demikian apakah di negeri ini sudah adil?? Bisa saya katakan masih jauh dari kata keadilan, masih banyaknya kaum yg dibawa semakin tertindas yang diatas semakin meraja lelah. Dan lantas siapa yang harus disalahkan??

Baca Juga  Gubernur Khofifah Akui 'Kesaktian' Santri, Prabowo Subianto Jadi Menteri

Mengapa keadilan sangat sulit didapatkan oleh orang tak berada? Bukankah dinegara ini ada pancasila sebagai dasar negara?

Bukankah keadilan itu sangat diperjelas disila ke-5 pancasila dengan bunyi “keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia”, akan tetapi hal itu masih saja menjadi sorotan, masih saja menjadi keluh kesah oleh mereka yang tak pernah mendapatkan keadilan. Lantas bagaimana bisa bangsa ini melahirkan generasi emas, sementara keadilan dinegara ini masih menjadi tanda tanya.

Masih banyaknya kaum yang menjerit contoh halnya kasus di Papua hanya diperuntukkan oleh orang yang berada saja misalnya trans Papua jadi yang dikatakan pembangunan yang merata, yah mungkin saja merata bagi kaum yang punya dan berada karena akan dinikmati oleh oknum tertentu saja, sebagian besar masyarakat Papua tidak menikmati hal demikian .

Baca Juga  Ini 5 Alasan, Mahasiswa Masuk Organisasi PMII

Kepada semua golongan perlu kalian ketahui bahwa keadilan itu penting adanya sebab siapapun itu sudah keharusan untuk mendapatkannya karena kita sama kita semua warga negara kita semua makhluk yang mempunyai kesempatan yang sama .

Sesekali cobalah merenung seandainya kau berada pada posisi mereka, sesekali cobalah hilangkan rasa ego dalam dirimu, sesekali cobalah bercermin untuk saling intropeksi diri.

Meski berbeda agama, suku, ras, dan adat akan tetapi semua berhak mendapatkan keadilan, semua berhak mendapatkan kesetaraan agar negara ini bisa menjadi negara yang sejahtera, adil, dan makmur.

Baca Juga  Wajah Pendidikan Indonesia? Bongkar Sisi Lain Nadiem Makarim!

Ayu Andira
Ketua PMR unit 210 SMAN 9 Sinjai

 

Note : Tulisan ini sepenuhnya tanggung jawab penulis

 

WPH

Baca Juga