oleh

Dunia Kepenulisan

Minggu, 18 Okt 2020, 3: 24 pm

ZONATIMES.COM, Makassar – Dalam dunia kepenulisan, kita akan temui beberapa genre dan passion dari sang penulis. Sehingga ini bisa kita jadikan patokan buat penulis pemula. Akan mengambil genre apa yang akan didalami agar fokus dan Istiqomah dalam menulis. Walaupun tidak ada salahnya jika hendak mengambil atau mendalami semua genre.

Yang terpenting bagi penulis adalah apa tujuan dari tulisan kita? untuk apa kita menulis? Dan niat apa yang kita miliki terkait mengambil peran di dunia Kepenulisan? Inilah yang akan menjadikan patokan penulis akan Istiqomah atau tidak. Jika kita niat karena Lillah maka, hambatan akan kita singkirkan dengan upaya besar kita karena niat tersebut. Ketika kita dihadapi dengan banyak hambatan dalam melahirkan tulisan, apa akan gantung pena atau melawan hambatan itu. Perlu kita pahami tentang Fokus, bahwa fokus manusia hanya pada 1 masalah “Ketika kita fokus pada hambatan maka tidak akan pernah sampai pada tujuan dan sebaliknya, jika kita fokus pada tujuan maka hambatan tidak akan terlihat jelas sehingga akan mampu melawannya.”

Baca Juga  Keadilan Untuk Siapa? Sampaikanlah!

Begitulah, hukum alam yang perlu kita pahami. Karena kalau kita tanya pada para penulis, mereka juga sama sibuknya dan bisa jadi lebih banyak aktivitasnya dibandingkan kita. Dunia Kepenulisan memang mengasikkan dan membuat ketagihan bagi mereka yang sudah mendapatkan ilmunya. Jadi, jika kita sudah mendapatkan ilmu kepenulisan maka tugas kita tinggal eksekusi agar ilmu tidak menguap.

Semoga dengan kita istiqomah akan menambah kualitas tulisan. Perlu juga mempertahankan diri kita tetap berada dalam Komunitas Aktif Menulis agar terus terjaga dalam lingkaran pahala jariyah. Semoga Alloh Istiqomahkan kita bersama dalam medan jihad dengan pedang pena dalam dunia kepenulisan Aamiin.

Baca Juga  Covid-19: Antara Watak Kapitalisme dan Masyarakat Miskin

Semoga terus menjadi memotivasi dan memberikan inspirasi bagi para pejuang pengukir peradaban melalui tulisan. Selalu bertumbuh menjadi komunitas yang semakin berkualitas dan mencetak generasi istiqomah dalam menulis.

WalLâhu a’lam bi ash-shawâb.[]

Penulis: Nur Rahmawati SH

Baca Juga