oleh

7 Hal Menarik Seputar Korea Utara yang Harus Anda Ketahui!

Sabtu, 09 Mei 2020, 7: 13 pm
Dok. Pribadi penulis Marwah Dwi Cahyani

ZONATIMES.COMKorea Utara dikenal sebagai negara yang sangat tertutup bahkan sangat rahasia tapi sangat maju di bidang teknologi, sebuah pemerintahan yang berada di bawah kendali Kim Jong Un yang ber- Ibu Kota Pyongyang.

Ngomong-ngomong nih bicara Korea Utara, ternyata ada hal yang menarik tentang Korea Utara loh namun sayangnya jarang diketahui banyak orang, sekarang anda harus tahu ini;

1. Pemakaman Goguryeo
Pemakaman Goguryeo ini merupakan warisan Dunia UNESCO, pemakaman ini memiliki ciri khas yang dimana dinding pemakaman yang terbuat dari tundukan tanah dan bebatuan yang dihiasi dengan lukisan dengan menggambarkan kehidupan pada masa lampau di kerajaan Goguryeo. Selain itu, juga bertemakan tentang kepercayaan animisme. Tak heran jika menarik simpati para turis mancanegara untuk berkunjung ke pemakaman Goguryeo.

2. Kijong Dong
Kijong Dong atau biasa disebut dengan kota hantu namun sebagian orang mengklaim bahwa Kijong Dong adalah kota damai, kota ini masih banyak menyimpan teka teki maupun misteri dikarenakan informasi yang sangat terbatas. Kijong Dong adalah sebuah kota yang mendirikan gedung-gedung bertingkat bak kota mewah di Dunia. Dibalik kemewahan kota ini ternyata sampai sekarang hanya sekitaran 200 orang yang menghuni kota tersebut.setiap malam tiba,lampu apartemen akan meyala merupakan suatu hal yang sangat mustahil akan terjadi pada tahun 50-an.

Baca Juga  Pesan Khusus Bupati Barru di Momen Lebaran Idulfitri 1441 H

3. Model Rambut
Di Korea Utara potongan/model rambut di atur oleh pemerintah, wanita yang belum menikah tidak diperbolehkan untuk memiliki rambut pendek sebab di identikkan dengan rambut yang panjang dan keriting, dan yang perlu diketahui rambut yang pendek hanya diperuntukkan untuk wanita yang telah menikah.sedangkan para pria yang dinyatakan masih lajang tidak di perbolehkan memiliki rambut 5 CM, bagi pria usia lanjut di perbolehkan memiliki panjang rambut hingga 7 CM. Ketika aturan pemerintah dilanggar maka rambut akan dipotong langsung oleh petugas pemerintah, aturan model rambut ini di lambangkan sebagai rasa hormat kepada pendiri Korea Utara.

4. Hukuman 3 Generasi
Orang yang di anggap keluarga nya telah salah dalam bertindak, membangkang ataupun melanggar hukum di masa lalu, maka akan di berikan hukuman 3 generasi, tapi yang perlu kita ketahui hukuman ini hanya berlaku untuk orang yang terbukti melanggar dan di jatuhkan hukuman penjara.walaupun hanya 1 anggota keluarga yang bersalah maka 3 turunan nya akan di penjara dan di perkerjakan layaknya orang yang  bersalah  sampai mati mereka akan di penjara,setiap tahanan yang tewas maka jasad nya akan dijadikan makanan santapan anjing penjaga yang kelaparan.

Baca Juga  Indonesia Terserah Trending, Warganet Ramai-ramai Kritik

5. Polantas
Menjadi seorang polantas atau di Korea Utara dikenal dengan sebutan polisi lalu lintas dan merupakan profesi yang sangat di idam-idamkan para wanita karena memiliki kebanggaan tersendiri ketika menjadi seorang polantas.Namun ketika ingin menjadi seorang polantas syarat utamanya di haruskan memiliki body yang langsing, wajah yang cantik nan ayu, dan masih muda.para polantas bertugas mengatur lalu lintas dan memeriksa setiap sudut jalanan serta memberi hormat kepada para petinggi dan pasukan tentara yang melintasi jalan.tidak ada batasan untuk menjadi polantas namun yang sangat di sayangkan ketika ingin menikah maka seorang polantas akan di nyatakan pension.

6. Keterbatasan akses internet
Menjadi warga Korea Utara berarti harus patuh terhadap petinggi Negera dan harus menaati setiap aturan salah satu nya larang mengakses berita keluar negeri,dan yang perlu di ketahui di Korea Utara hanya ada 30 situs resmi yang hanya berisi kan berita tentang Negara itu sendiri. Ketika ingin mendownload aplikasi maka harus mendatangi sebuah tempat untuk meminta izin, jangan kan itu menonton televisi pun dibatasi oleh pemerintah,tak mengherankan jika memiliki televisi adalah hal yang sangat langka bagi warga Korea Utara. Tak seperti di Indonesia, setiap warga RI bebas mengakses internet, mendownload aplikasi melalui Play Store, dan kebebasan dalam menonton televisi.

Baca Juga  Peringati Bulan Bung Karno, PDIP Sulsel Gelar Lomba Berhadiah Rp 21,740 Juta

7. Batasan bagi wisatawan
Ketika liburan ke Korea Utara bersiap-siap untuk tidak mengabadikan kegiatan liburannya hahaha, sebab ketika menjadi wisatawan yang berkunjung ke Korea Utara di berlakukan pembatasan dalam umengambil gambar/foto maupun video, sekalipun mengambil gambar/foto ketika ingin meninggal kan Korea Utara akan di berlakukan pemeriksaan yang ketat hingga foto-foto yang diperbolehkan saja yang tidak akan di hapus oleh pejabat yang bertugas. Hal yang sangat sacral di lakukan adalah memotret kegiatan atau keseharian warga Korea Utara, apabila ketahuan maka akan dikenakan sanksi.

Penulis: Marwah Dwi Cahyani

Baca Juga