5 Tips Penting Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 16 Tahun 2021

ZONATIMES.COM – Program kartu prakerja untuk gelombang ke 16 kembali dibuka. Pendaftaran dibuka mulai 25-28 Maret 2021.

Program Kartu Prakerja untuk gelombang 16 ini dibuka untuk 300 ribu orang.

Untuk menjadi peserta program kartu prakerja beberapa hal penting yang harus diperhatikan pendaftar. Berikut rangkuman 5 hal penting agar lolos seleksi program kartu prakerja.

Pendaftar Memenuhi Syarat dan Kriteria

Syarat dan kriteria bagi pelamar program kartu prakerja adalah WNI minimal berusia 18 tahun dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Syarat lainnya yakni merupakan ekerja/buruh yang terkena PHK, dan pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.

Bukan penerima program Kartu Prakerja 2020, atau Gelombang sebelumnya, dan bukan penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah, seperti BST, BPNT, PKH, atau BSU.

Peserta juga bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), bukan Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa. Juga bukan Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara (BUMN) atau badan usaha milik daerah (BUMD).

Isi Data Diri dengan Benar

Kebenaran isian data diri ini juga sangat penting. Maka, pastikan memasukan data diri dengan benar, seperti nomor induk kependudukan (NIK) KTP, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir. Terutama segala pertanyaan data diri dalam proses update data diri saat melakukan pendaftaran.

Pastikan juga nomor HP yang didaftarkan sesuai dan pastikan aktif serta tidak diganti dalam 6 bulan ke depan.

Kerjakan Tes dan Kemampuan Dasar dengan Baik

Pastikan pula Anda mengerjakan tes dan kemampuan dasar dengan baik dan sesuai saat proses pendaftaran Kartu Prakerja. Selain itu, pastikan mengerjakan tes dan kemampuan dasar segera setelah mengklik “Gabung Gelombang” seleksi Kartu Prakerja.

Jika menunda pengerjaan tes dan kemampuan dasar, hal itu bisa memperlambat proses penyeleksian data oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja. Sebab, kuota peserta penerima Kartu Prakerja terbatas. Keterlambatan proses penyeleksian data, dapat membuat peserta tidak masuk kuota peserta penerima karena telah penuh.

Pendaftar Dibatasi 2 Orang per KK

Pastikan hanya dua anggota keluarga yang terdaftar dalam satu Kartu Keluarga yang melakukan pendaftaran Kartu Prakerja.

Alasannya, program Kartu Prakerja memiliki aturan yang membatasi penerima program hanya untuk maksimal dua orang dalam satu Kartu Keluarga.

Pantau Informasi Mengenai Kartu Prakerja

Pantau selalu media sosial resmi Kartu Prakerja untuk mengetahui informasi terbaru dari Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja. Sebab, jadwal pengumuman lolos Kartu Prakerja akan diinformasikan melalui media sosial Kartu Prakerja.

Kemudian, pengumuman lolos atau tidaknya peserta, nantinya akan disampaikan langsung oleh Manajemen Pelaksana ke nomor HP masing-masing peserta.

Itu sebabnya nomor HP yang didaftarkan peserta harus aktif. Jika dalam 30 hari pengumuman lolos Kartu Prakerja tidak ditindaklanjuti peserta dengan membeli pelatihan pertama di Kartu Prakerja, maka bantuan Kartu Prakerja yang diperoleh dianggap hangus.

Untuk diketahui, program Kartu Prakerja pada semester I-2021 ditetapkan sebanyak 2,7 juta penerima dengan total anggaran Rp10 triliun.