Cara Bijak Tegur Pengendara Motor Ngobrol di Jalan

Gambar Gravatar
Rabu, 06 Okt 2021, 9: 41 am-read

ZONATIMES.COM – Sering kali dua pengendara motor saling ngobrol di pinggir jalan. Kelakuan ini tentu menghalangi atau mengganggu pengendara lainnya. 

Meski jalannya pelan dan mengambil agak ke kiri, tetap saja aksi tersebut mengganggu arus lalu lintas. 

Orang yang paling terganggu adalah pengemudi mobil. Dua pengendara motor yang jalan berbarengan, akan mengambil banyak ruang di jalanan. Perjalanan akan menjadi lama. 

Sebelum auto emosi, ada cara bijak menegur dua  pengendara motor yang ngobrol di jalan. 

Melansir Kompas.com, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ketika menemui pengendara tadi, memang harus diberi peringatan. Salah satu caranya adalah dengan menekan klakson, tapi jangan terlalu dekat dengan mereka.

Sony menjelaskan, cara tersebut agar tidak membuat kedua pengendara kaget. Atau bahkan bisa saja orang tersebut emosi dan malah terjadi hal lainnya yang menambah ribetnya masalah. 

Jika ditegur dengan bijak, respon kedua pengendara juga akan lebih baik. Setidaknya untuk memperbaiki posisinya. “Jadi tidak perlu ditegur, tapi diberi peringatan saja,” kata Sony.

Apabila memilih menegur dengan membunyikan klakson, juga sebaiknya tidak dibunyi kencang. Karena akan berakibat fatal jika mereka kaget. Bisa saja malah terjadi kecelakaan. 

Perhatikan juga keselamatan pengendara lain, kalau sampai kaget dan jatuh, malah bisa berujung konflik di antara pengendara motor dan mobil.

Sony menegaskan peringatan itu sifatnya lembut. Jangan malah menimbulkan konflik.