CPNS Tamatan SMA 2023: Formasi dan Syaratnya

ZONATIMES.COM – CPNS Tamatan SMA 2023. Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara (CPNS/CASN) tahun ini kembali diadakan. Pendaftaran akan berlangsung mulai 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Peluang mendaftar tidak hanya terbuka bagi sarjana, lulusan SMA dan sederajat juga berkesempatan mendaftar di Seleksi CPNS 2023. Beberapa instansi membuka kesempatan bagi lulusan SMA-SMK untuk mengisi formasi CPNS 2023.

Penting dicatat bahwa seluruh proses seleksi akan dilakukan secara online melalui portal resmi, yaitu SSCASN. Informasi lebih rinci dapat ditemukan di laman resmi Jadwal Seleksi CASN.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan total 572.496 formasi lowongan CASN 2023. Posisi ini tersebar di 72 instansi, dengan 78.862 ASN untuk pemerintah pusat dan 493.634 ASN untuk pemerintah daerah.

Penting untuk dicatat bahwa alokasi khusus diberikan untuk pemerintah daerah, yaitu sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis.

Baca juga: Cara Cek Jumlah Pelamar PPPK 2023

Daftar Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA-SMK

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini delapan instansi yang menerima CPNS Tamatan SMA 2023.

1. Badan SAR Nasional
Badan SAR Nasional atau Basarnas membuka pendaftararan CPNS 2023 untuk lulusan SMA dengan tujuan mengisi posisi baru yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website resmi Basarnas atau akun Instagram-nya di @sar_nasional.

2. Kejaksaan Agung
Kejaksaan Agung atau Kejagung juga memberikan kesempatan bagi lulusan SMA atau sederajat untuk mendaftar pada CPNS 2023.

Adapun informasi mengenai CPNS di Kejagung dapat dicek di situs resmi Biro Kepegawaian Kejaksaaan.

3. Kementerian Hukum dan HAM
Formasi CPNS 2023 lulusan SMA-SMK selanjutnya adalah kesempatan bergabung di Kementerian Hukum dan HAM atau Kemenkumham.

Posisi jabatan yang dibutuhkan adalah sebagai penjaga tahanan. Informasi selengkapnya bisa mengunjungi situs CPNS Kemekumham.

4. Kementerian Lingkungan Hidup
Kementerian Lingkungan Hidup atau KLH juga turut membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA atau sederajat.

Posisi yang tersedia adalah polisi hutan yang berkaitan dengan kehutanan dan pertanian. Informasi selengkapnya dapat dicek di situs CASN Menlhk.

5. Kementerian Perhubungan
Kementerian Perhubungan atau Kemenhub membuka pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA dan sederajat dengan jumlah formasi sekitar 684. Informasi mengenai pendaftaran, dapat dicek situs di CPNS Kementerian Perhubungan.

Posisi yang tersedia di antaranya adalah bidang penerbangan, petugas Avsec, teknisi penelitian dan perekayasaan, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan, dan petugas pemadam kebakaran.

6. Kementerian Pertahanan
Kementerian Pertahanan alias Kemenhan juga akan membuka formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA. Posisi jabatan yang tersedia adalah pengemudi ambulans dan kataloger pemula.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pendaftaran dan lainnya, dapat memantau situs Kementerian Pertananan.

7. Kementerian Pertanian
Kementerian Pertanian juga memberikan kesempatan pada calon pendaftar lulusan SMA untuk beberapa formasi yang dibutuhkan.

Informasi mengenai pendaftaran dapat dicek di situs CASN Kementerian Pertanian.
Syarat Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA-SMK.

Baca juga: Bagaimana Cara Sukses Diterima PPPK KPU 2023

Berikut syarat yang wajib dipenuhi calon pelamar CPNS lulusan SMA, merujuk pada Peraturan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan PNS.

Sebagai informasi tambahan, setiap formasi dan instansi mungkin menambahkan persyaratan khusus sesuai bidang dan keahlian yang dibutuhkan. Sebelum mendaftar pastikan selalu rutin melakukan pengecekan informasinya di website atau media sosial resmi instansi yang ingin dilamar.

1. Syarat umum

  • Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun saat melamar.
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.
  • Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

2. Syarat dokumen

  • Ijazah SMA/sederajat yang terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi dan/atau kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keagamaan.
  • Salinan akta lahir
  • Salinan KTP
  • Daftar riwayat hidup
  • Pas foto ukuran 3×4
  • Surat lamaran
  • Demikian formasi CPNS 2023 lulusan SMA, SMK, dan sederjat. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Surat Pengalaman Kerja PPPK Teknis 2023