Daftar Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

ZONATIMES.COM – Daftar Formasi CPNS 2023 Lulusan S1 Semua Jurusan.

Bagi calon pelamar, berikut adalah daftar CPNS 2023 untuk lulusan s1 semua jurusan yang dapat diajukan. Formasi ini mencakup lima persen dari total formasi CPNS yang tersedia.

Dalam rangkuman dari berbagai sumber, di bawah ini adalah daftar CPNS 2023 untuk lulusan s1 semua jurusan dari semua jurusan, karena posisi tersebut tersedia di hampir semua instansi.

1. Auditor

Auditor bertugas untuk meninjau dan memverifikasi keakuratan catatan keuangan, serta memastikan bahwa instansi atau perusahaan sudah mematuhi undang-undang perpajakan yang berlaku. Apabila terdapat kesalahan data atau kecurangan dalam catatan keuangan suatu instansi, auditor berhak menyelesaikan dan memperbaiki sistemnya.

2. Analis Kebijakan

Formasi analis kebijakan bertanggung jawab untuk lebih mendalami tentang isu-isu teknik sosial yang nantinya dianalisis supaya bisa membawa solusi-solusi yang lebih baik. Isu yang dianalisisnya bisa terkait dengan berbagai kebijakan seperti di bidang ekonomi, politik, sosial, hingga lingkungan.

3. Penyuluh Sosial

Formasi CPNS sebagai penyuluh sosial bertugas untuk memberikan informasi, bimbingan, serta pelayanan kesejahteraan sosial kepada sasaran program. Misalnya seorang penyuluh sosial memberikan edukasi terkait pendidikan hingga kesehatan ke masyarakat di daerah tertentu sesuai daerah tujuan tugasnya.

4. Pekerja Sosial

Formasi CPNS 2023 lulusan S1 selanjutnya ada pekerja sosial. Tugas pekerja sosial ini memberikan bantuan atau pertolongan berupa pelayanan pada individu, kelompok, maupun masyarakat yang membutuhkan. Kiprah pekerja sosial bisa dijumpai di berbagai instansi. Misalnya, lembaga penanganan kemiskinan, penanggulangan bencana, penanganan orang dengan kecacatan, perlindungan wanita, perlindungan anak, pengembangan masyarakat, dan banyak lagi.

5. Penggerak Swadaya Masyarakat

Penggerak swadaya masyarakat adalah jabatan fungsional yang tersedia di berbagai instansi. Tugasnya melakukan penyuluhan, melatih, dan mendampingi masyarakat untuk pengembangan komitmen perubahan. Tujuannya untuk membantu mewujudkan masyarakat menjadi mandiri, produktif, sejahtera, serta mampu berdaya saing, sesuai dengan program yang dibangunnya.

6. Widyaiswara

Widyaiswara adalah Pegawai Negeri Sipil yang diangkat sebagai pejabat fungsional oleh pejabat yang berwenang untuk mendidik, mengajar, dan/atau melatih Pegawai Negeri Sipil pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemerintah. Tugas pokok widyaiswara ini telah ditetapkan dalam Permenpan RB Nomor 22 Tahun 2014 Pasal 5. 4.

7. Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintahan Daerah

Pengawas penyelenggara urusan pemerintahan daerah bertanggung jawab atas wewenang untuk melakukan kegiatan pengawasan, penyelenggaraan teknis urusan pemerintahan di daerah, dan di luar pengawasan keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Tujuannya supaya urusan pemerintah di daerah itu bisa berjalan efektif, efisien, dan profesional sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

8. Perekayasa

Perekayasa adalah PNS yang bertugas melakukan pengkajian dan penerapan ilmu pengetahuan, serta teknologi untuk menghasilkan inovasi dan layanan teknologi. Selain itu, seorang perekayasa juga harus mampu mengembangkan suatu sistem teknologi dan infrastruktur agar sesuai dengan programnya.

9. Pemeriksa

Formasi CPNS sebagai pemeriksa bertugas melakukan pengecekan terhadap suatu dokumen atau barang. Keaslian dokumen atau barang tersebut harus dilaporkan dengan baik dan benar sesuai prosedur. Tim pemeriksa juga harus memberikan saran dan rekomendasi atas penyimpanan dan perawatan dokumen serta barang-barang.

10. Peneliti

Peneliti dalam ruang lingkup PNS adalah seseorang atau tim yang bertanggung jawab melakukan riset atau penelitian suatu masalah. Penelitian ini seringkali dibutuhkan untuk pencarian fakta baru atau data terkini dalam bidang teknologi dan pengembangan ilmu pengetahuan.

11. Perencana

Formasi CPNS 2023 lulusan S1 berikutnya yaitu perencana. Perencana adalah PNS yang bertanggung jawab dalam dan merancang perkembangan suatu organisasi atau proyek yang akan atau sedang dilakukan oleh instansi.

Untuk selanjutnya cek di masing-masing instansi terkait yang membuka lowongan daftar CPNS 2023 untuk lulusan s1 semua jurusan di atas.

Baca juga: Berapa Passing Grade PPPK Guru 2023: Materi dan Kriteria Lulus