Gibran dan Bobby Wali Kota Pertama yang Tetap Dikawal Paspampres

ZONATIMES.COM, JAKARTA – Anak dan menantu Presiden Joko Widodo dilantik menjadi wali kota. Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai Wali Kota Surakarta. Sementara menantu Jokowi, Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan.

Kendati sudah resmi dilantik Jumat (26/2) sebagai wali kota, Gibran dan Bobby tetap mendapat pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presien (Paspampres).

Komandan Paspamres Mayjen TNI Agus Subiyanto memastikan bahwa Gibran dan Bobby tetap mendapat pengawalan.

Agus Subiyanto menjelaskan, pengawalan Paspamres tetap menjadi tugas pokok meski Gibran dan Bobby menjabat sebagai kepala daerah.

“Jadi anak-anak presdien dapat pengawalan dari Paspamres bukan karena walikotanya,” kata Agus Subiyanto dikutip dari Okezone.com.

Gibran dan Bobby menjadi wali kota pertama yang mendapat previlage berupa pengawalan dari Paspamres.

Pengawalan dari Paspamres untuk Gibran dan Bobby berupa pengamanan fisik langsung jarak dekat kepada presiden, wakil presiden, dan keluarganya, tamu negara setingkat kepala negara, mantan presiden, wapres.

Pengamanan terhadap anak presiden diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2013. Pada Pasal 3 poin 3 dijelaskan, “Keluarga Presiden dan Wakil Presiden meliputi istri atau suami Presiden dan Wakil Presiden, anak Presiden atau Wakil Presiden; dan menantu Presiden atau Wakil Presiden”.