Hari Kartini, Najwa Shihab Bantu Pembuatan Pembalut Ramah Lingkungan

Gambar Gravatar
Rabu, 21 Apr 2021, 2: 58 pm-read

ZONATIMES.COM – Najwa Shihab memperingati Hari Kartini yang setiap tahunnya dirayakan 21 April 2021.

Cara pendiri Narasi TV ini merayakan Hari Kartini cukup beda. Melalui akun Instagram pribadinya, Najwa membantu pembuatan pembalut yang ramah lingkungan.

“Hari Kartini. Saya mau berbagi perihal isu perempuan yang penting tapi jarang dibicarakan secara terbuka, pembalut menstruasi,” tulis Najwa Shihab.

Menurut Najwa, pembalut adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kepemilikan tubuh perempuan. “Sesuatu yang mau tidak mau memengaruhi beban rumah tangga,” tambahnya.

Langkah ini bermula dari pesan Beranda Perempuan. Komunitas itu prihatin dan ingin membantu sesama perempuan yang tidak dapat membeli pembalut sekali pakai.

“Mungkin bagi sebagian kita, pembalut tidak pernah menjadi kendala. Tapi tidak demikian halnya dengan perempuan di berbagai pelosok negeri. Seperti di desa terpencil di Desa Pulau Raman, Batanghari, Jambi. Tujuh dari sepuluh perempuan muda tidak mampu membeli pembalut,” tulisnya.

Tidak sendiri, Najwa Shihab dan Beranda Perempuan bekerja sama dengan Biyung Indonesia, komunitas yang berkomitmen memberikan informasi tentang kesehatan reproduksi dan menstruasi.

Dengan adanya kolaborasi ini, mereka memberdayakan dan memberikan pelatihan untuk para perempuan di Desa Raman agar dapat membuat sendiri pembalut kain.